Analisis Kemampuan Akademik Mahasiswa Berdasarkan Latar Belakang Keluarga, Tempat Tinggal, Pertemanan, Sikap Belajar, Konsep Diri, Iklim Kampus, Dan Tenaga Pengajar Dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation Armansyah*, Guntur

  • Armasyah Armansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Moch Iswan Perangin-angin STMIK Triguna Dharma
Keywords: Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation IPK Tingkat Kemampuan Akademis (Angket) Kuesioner

Abstract

Dalam hal akademis, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan tolok ukur prestasi pelajar termasuk mahasiswa. IPK itu sendiri adalah produk hasil dari proses belajar yang diperoleh dari berbagai bentuk evaluasi. Tingginya perolehan IPK mahasiswa kemudian menganggap bahwa mahasiswa dipandang memiliki kemampuan yang baik pula dalam setiap perkuliahan. Namun ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi tingkat kemampuan mahasiswa dalam perkuliahan, terutama untuk matakuliah program studi, khususnya pemrograman. Parameter yang disoroti pada penelitian ini adalah latar belakang keluarga, tempat tinggal, lingkungan pertemanan, sikap belajar, konsep diri, iklim kampus dan tenaga dosen. Kami berpendapat bahwa ketujuh komponen tersebut jika relevan dengan diri mahasiswa dapat memengaruhi tingkat kemampuan mahasiswa. Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation digunakan untuk melatih dan menguji data dari hasil kuesioner berdasarkan ketujuh komponen diatas. Dari beberapa percobaan, keluaran dan target sangat mendekati dengan tingkat akurasi mencapai 99,50% dengan nilai MSE paling kecil 10-7 atau 0,0000001.

Author Biography

Moch Iswan Perangin-angin, STMIK Triguna Dharma
Manajemen Informatika

References

I. Ayuwanti, “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 1, no. 2, pp. 105–114, 2017, doi: 10.30998/sap.v1i2.1017.

Sulastri, Imran, and A. Firmansyah, “Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 limbo makmur kecamatan bumi raya,” J. Kreat. Tadulako Online, vol. 3, no. 1, pp. 90–103, 2015.

& H. Sasmi, W.Y., Johan, S.R, “the Influence of Learning Motivation and Learning Outcomes on the Interest To Continue Studies To College in the Students of Class Xii Smk Negeri 5,” vol. 2, pp. 1–13.

dan D. Alwan, Menza Hendri, “Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi,” vol. 02, no. 01, pp. 244–256, 2017.

Published
2020-02-24