Implementasi teknik pwm pada rancang bangun alat deteksi kecepatan kendaraan berdasarkan perputaran roda berbasis mikrokontroller

Authors

  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Afdal Hafidz STMIK Triguna Dharma
  • Ishak Ishak STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v19i1.224

Keywords:

Microcntroller, Kecepatan Motor, LCD, Buzzer, PWM

Abstract

Membaca kecepatan suatu kenderaan yang melintas dan kemudian memberikan peringatan jika kenderaan tersebut melampaui batas kecepatan pada jalan bebas hambatan dirasa cukup sulit, dimana pengendara sering melaju kenderaannya cukup tinggi dan hal ini sangat membahayakan pengendara itu sendiri dan bahkan pengendara lain. Upaya pencegahan yang sering dilakukan adalah dengan membuat rambu – rambu lalu lintas untuk memperingati para pengendara agar tidak melewati kecepatan maksimum. Hal ini cukup efektif namun masih ada juga pengendara yang tidak menghiraukan rambu – rambu peringatan kecepatan . Alat yang dapat mendeteksi kecepatan kenderaan dan dapat memberikan peringatan jika kenderaan tersebut melampaui batas kecepatan. Alat ini dapat dibuat dengan bantuan komponen elektronik dan program dengan menggunakan microcontroller bertipe microcontroller avr.Untuk merealisasi alat tersebut dibutuhkan komponen lain seperti output buzzer suara, display pada lcd dan sebagainya. Penerapan metode juga sangat menentukan kinerja alat karena akan membuat alat bekerja efektif atau tidak. Untuk itu alat yang dirancang dipilih menggunakan metode pwm. PWM adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengatur jumlah daya (power) yang dialokasikan ke beban tanpa harus menimbulkan rugi-rugi daya pada rangkaian pengendali beban tersebut.

References

http://dasarelektronika.com/pengertian dan fungsi/

http://www.produksieletronika.com/2013/10/cara-prinsip-kerja-sensor/

http://digilib.mercubuana.ac.id/

Kadir. Abdul, 2013, PENGENALAN ALGORITMA, Yogyakarta; CV;Andi Offset.

Jurnal SAINTIKOM P-ISSN : 1978-6603 E-ISSN : 2615-3475 ï²

Jurnal SAINTIKOM Vol. 19, No. 1, Februari 2020 : 40 – 52

Team work STMIK TRIGUNA DHARMA, 2014 Workshop TA/Skripsi,Medan

Teknik Elektro, J., Nyoman Wahyu Satiawan, I., & Bagus Fery Citarsa, I. (n.d.). elektronik Jurnal Arus Elektro Indonesia (eJAEI) Perbandingan Kinerja Teknik Modulasi Inverter Dua-Level untuk Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga-Fase.

Downloads

Published

2020-02-24