Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pengguna Irian Card (I-Card) Pada Irian Dept Store & Supermarket Medan Marelan

Authors

  • Dinanti Nanda Pertiwi Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Winda Cahyani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ari Usman Chaniago Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v19i1.221

Keywords:

Customer Relationship Management Loyalitas Komitmen & Kepercayaan Orientasi Pelanggan, Pengalaman, Komunikasi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh Customer Relationship Management yang terdiri dari 5 variabel yaitu: komitmen, kepercayaan, orientasi pelanggan/empati, pengalaman/kepuasan, dan komunikasi terhadap loyalitas pelanggan. Untuk mengetahui apakah ke-5 variabel Customer Relationship Management tersebut berpengaruh nyata terhadap loyalitas pelanggan, baik secara parsial maupun secara simultan, serta untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Irian Dept Store & Supermarket Medan Marelan, dengan populasi penelitian adalah konsumen yang belanja di Irian Dept Store & Supermarket Medan Marelan dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 orang responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji F. Hasil penghitungan koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,866, yang artinya; ke-5 variabel customer relationship marketing mempengaruhi variabel loyalitas sebesar 886,6%.

References

Achmad, T. (2010). Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pengguna Matahari Club Card (MCC) Pada Matahari Department Store Mal Ska Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 4.

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Febrianingtyas. (2013). Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Media, 20.

Kotler, P. &. (2009). Marketing Management. 13th Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Peter, J. d. (2005). Consumer Behaviour and Marketing Strategy. 7th Edition. New York: McGraw-Hill.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tunggal, A. (2000). Konsep Dasar Customer Relationship Management. Jakarta: Harvarindo.

Turban, E. K. (2002). Electronic commerce a managerial perspective. Pearson education inc. New Jersey: Upper Saddle River.

Whidya, U. C. (2008). Relationship Effort Dan Kualitas Layanan Sebagai Strategi Penguat Relationship Outcomes. Jurnal Manajemen Pemasaran, 22-34.

Wijaya, S. d. (2008). Implementasi Membership Card dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Restoran. [email protected]/journals/journals.

Downloads

Published

2020-02-24