Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Buah Citrus (Lemon) Mengggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v19i1.219

Keywords:

Sistem Pakar, Certainty Factor, Penyakit CVPD/ Huanglobing, Penyakit Lemon

Abstract

Penyakit Huanglobing pada tanaman buah citrus (lemon) sangat mempengaruhi hasil produksi buah citrus (lemon). Kurangnya pengetahuan masyarakat serta tidak tercukupinya informasi yang dapat membantu pihak penyuluh dalam mendiagnosa penyakit Huanglobing yang menyerang tanaman buah citrus (lemon) membuat penanganannya selalu terlambat dilakukan.Berdasarkan masalah diatas maka dibutuhkan suatu aplikasi berupa  sistem pakar dengan penerapan metode Certainty Factor yang diharapkan dapat membantu pakar penyuluhan dalam mendiagnosa penyakit Huanglobing pada tanaman buah citrus (lemon). Dengan gejala yang ada pada tanaman buah citrus (lemon) maka akan dapat ditentukan nilai Certainty Factor terbesar untuk mendapatkan hasil diagnosa penyakit pada tanaman buah citrus (lemon).Hasil yang diperoleh dari sistem ini nantinya mampu melakukan diagnosa dengan cepat, tepat dan akurat terhadap gejala penyakit Huanglobing pada tanaman buah citrus (lemon) dan diharapkan dapat membantu para penyuluh dalam mendiagnosa penyakit Huanglobing pada tanaman buah citrus (lemon) sehingga penanganannya dapat segera dilakukan.

References

Arhami, M. (2005). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi.

Destiani, D., & Herman, S. (2016). Pengembangan Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Jeruk Keprok Siem Berbasis Android. Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 92-97.

Harto, D. (2013, Agustus). Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Pada Tanaman Semangka Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Pelita Informatika Budi Darma, IV, 22-27.

Kustiyahningsih, Y., & Anamisa, D. R. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySql. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Manik, E., & Murdani. (2018, September). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit pada Tanaman Jeruk Lemon Menggunakan Metode Ripple Down Rule (RDR). Majalah Ilmiah INTI, 13, 274-279.

Mujilahwati, S. (2014, September). Diagnosa Penyakit Tanaman Hias Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. Jurnal Teknik A, 6(2), 585-591.

Nurhayati, I., Adiartayasa, W., & Bagus, I. G. (2016, Oktober). Deteksi Keberedaan Penyebeb Penyakit Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD) Secara Molekuler pada Tanaman Jeruk Siam Berdasarkan Variasi Gejala Klorosis. E-Jurnal Agroteknologi Tropika, 5(4), 344-353.

Rosnelly, R. (2012). Sistem Pakar Konsep dan Teori. Yogyakarta: Andi.

Rustiani, U. S., Endah, A. S., Nurjanah, Prasetiawan, A., & Nurmaida. (2015, Juni). Deteksi Bakteri Penyebab CVPD pada Jeruk Menggunakan DNA Asal Tulang Daun. Jurnal Fitopatologi Indonesia, 11(3), 79-84.

Sukri, M. Z., & Rakhmad, H. (2016). Penanganan Hama dan Penyakit Tanaman Jeruk Dalam Desain Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Menggunakan Metode Euclidean Distance. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 146-154.

Wahyuningsih, E. (2009, September). CVPD pada Jeruk (Citrus SPP) dan Upaya Pengendaliannya. Vis Vitalis, 2(2), 65-73.

Downloads

Published

2020-02-24