Penerapan Metode Levenshtein Distance Dalam Mendeteksi Hasil Jawaban Peserta Kelas Daring Dengan Teknik Web Scraping Manual

Authors

  • Guntur Syahputra Politeknik Negeri Lhokseumawe
  • Ahmad Fitri Boy
  • Nurcahyo Budi Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v20i1.1900

Keywords:

Levenshtein Distancae Kemiripan Data Kelas Daring

Abstract

Pandemi COVID 19 saat ini menyebabkan kegiatan belajar mengajar harus merubah sistem tatap muka untuk beralih kepada sistem daring, hal ini bukan menjadi alasan bagi pengampu atau penanggung jawab kelas menurunkan kualitas pengajaran. Evaluasi tetap harus dilakukan melalui pertanyaan dan tugas, namun karena dilakukan secara daring banyak peserta didik yang menjawab dengan tidak serius, menyalin dari laman web ataupun menyalin jawaban teman tanpa merubah data sedikitpun yang berasal sumber salinan.Levenshtein Distance adalah metode yang digunakan untuk medeteksi kemiripan data berbasis karakter (String Metric). Metode ini dapat membantu dan memudahkan pekerjaan pengajar dalam kelas daring untuk deteksi jawaban peserta, kemiripan jawaban yang mencapai 95% dapat dideteksi dan diasumsikan sebagai jawaban hasil salinan. Sehingga dapat diambil tindakan terhadap peserta yang melakukan hal tersebut.

References

B. Mahirah, “Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa),†Idaarah J. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 257–267, 2017, doi: 10.24252/idaarah.v1i2.4269.

B. P. Pratama and S. A. Pamungkas, “Analisis Kinerja Algoritma Levenshtein Distance dalam Mendeteksi Kemiripan Dokumen Teks,†J. “LOG!K@,†2016.

V. Levenshtein, “Binary codes capable of correcting deletions, insertions, and reversals,†Sov. Phys. Dokl., 1966.

J. R. S. Sagala Guntur, “Deteksi Tingkat Kemiripan Data Siswa Peserta Ujian Berbasis Komputer Pada Bimbingan Belajar Expert Dengan Menggunakan Metode Levenshtein Distance,†Algoritm. J. Ilmu Komput. Dan Inform., 2017.

Downloads

Published

2021-07-05