Penerapan Data Mining Dalam Menganalisa Data Penjualan Untuk Mendapatkan Pola Rekomendasi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Pada K3 Mart

Authors

  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Suharsil _ STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v18i2.157

Abstract

Persaingan yang semakin ketat sesama minimarket membuat penjualan produk khususnya makanan pada K3 Mart sering mengalami kenaikan atau penurunan omset penjualan. Oleh karena itu, K3 Mart harus memiliki strategi lain untuk dapat meningkatkan penjualannya. Salah satunya adalah dengan mendapatkan informasi dari data penjualan.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dengan mencari kombinasi item yang mungkin muncul menggunakan salah satu teknik data mining untuk mendapatkan informasi yang ada pada data penjualan K3 Mart. Yaitu dengan menggunakan metode  Association Rule dengan algoritma Apriori.Hasil dari penelitian ini menghasilkan pola rekomendasi yang akan dipergunakan oleh K3 Mart dan dapat meningkatkan strategi penjualan K3 Mart melalui data penjualan makanan, sistem ini juga dapat membantu pelanggan dalam memilih makanan yang memiliki keterkaitan atau yang sering dibeli pelanggan lainnya dengan adanya rekomendasi penjualan

Downloads

Published

2019-08-22