Penerapan Data Mining dalam Menganalisa Pola Kelayakan Siswa Pada Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) pada SMP N. 2 Rantau Selatan

Authors

  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma
  • Dina Octavina STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v18i2.154

Abstract

Kelas unggulan Pada SMP Negeri 2 Rantau Selatan merupakan program yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas siswanya. Kelas unggulan Pada SMP Negeri 2 Rantau selama ini dibentuk dengan tes ujian masuk yang dilakukan pihak Sekolah SMP Negeri 2 Rantau Selatan kepada siswa baru. Kelas unggulan yang telah dibentuk dirasa masih kurang efektif karena ada beberapa siswa yang memang tidak layak ditempatkan dan ada juga siswa yang memang layak ditempatkan pada kelas unggulan.Untuk itu perlu dilakukan analisa menganalisa pola pembentukan kelas unggulan yang telah dibentuk oleh pihak sekolah yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang. Untuk mendapatkan pola tersebut digunakan data mining dengan menggunakan metode Iterative Dichtomizer 3 (ID3) dalam menganalisa pola  pada kelas unggulan diharapkan bisa memberikan hasil yang lebih baik bagi pihak sekolah dalam menempatkan siswa berprestasi di kelas unggulan nantinya. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode ini yaitu berupa pola dalam bentuk pohon keputusan yang diterjemahkan menjadi aturan-aturan (rule) yang berjumlah 28 rule. Berdasarkan rule tersebut dapat dijadikan acuan dalam pembentukan kelas unggulan di masa mendatang.

Downloads

Published

2019-08-22