Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Fuzzy Mamdani (Studi Kasus: Busrain Bakery)

Authors

  • Ali Ikhwan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mohammad Badri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mega Andriani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurhadizah Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v18i2.153

Abstract

Ketatnya kondisi persaingan pasar mengharuskan setiap perusahaan berpacu supaya tetap eksis di pasar. Agar tetap dapat bertahan dalam persaingan pasar, perusahaan harus memperhatikan kepuasan pelanggan. Untuk mengukur kepuasan pelanggan, perusahaan senantiasa harus memperhatikan rasa makanan dan kualitas pelayanannya. Pengaruh rasa makanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Toko Busrain Bakery dianalisis menggunakan fuzzy Mamdani dengan bantuan software Matlab. Untuk mendapatkan output dilakukan beberapa tahapan dalam perancangan sistem yaitu: pembentukan himpunan fuzzy, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan, dan defuzzifikasi. Hasil yang diperoleh dari input yang diberikan adalah rasa makanan dengan nilai 8 dan domain [6 10]. Artinya, variabel rasa makanan enak. Dari input kualitas pelayanan diperoleh nilai 7 dengan domain [3 7]. Artinya, variabel kualitas pelayanan cukup baik. Dari input yang diberikan diperoleh output tingkat kepuasan konsumen sebesar 85,96% yang berarti bahwa pelanggan puas dengan rasa makanan dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Toko Busrain Bakery.

Downloads

Published

2019-08-22