Penerapan Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Poc (Pupuk Organik Cair) Menggunakan Metode Frequent Pattern Growth (FP Growth)
DOI:
https://doi.org/10.53513/jis.v24i2.12317Keywords:
Data Mining, FP-Growth, Pupuk, Persaingan Usaha, Strategi PenjualanAbstract
Brastagi adalah daerah yang paling strategis dalam membangun usaha penjualan pupuk, sehingga banyak orang yang mendirikan usaha tersebut. Dimana salah satu usaha pupuk yang telah berdiri adalah usaha UD. Anugerah Tani Saibudolok. Pada saat ini, UD.Anugerah Tani Saribudolok mengalami sedikit masalah yaitu adanya penurunan penjualan. Permasalahan ini terjadi karena banyaknya usaha yang sama sehingga persaingan ini semakin berat, sehingga UD. Anugerah Tani Saribudolok ingin membuat sebuah strategi agar dapat mengoptimalkan penjualan mereka agar nisa bertahan dalam persaingan yang tinggi. Saat ini usaha UD. Anugerah Tani Saribudolok tidak ada melakukan tindakan apapun atau membuat strategi apapun dalam meningkatkan penjualan mereka, usaha tersebut hanya menjalankan kegiatan penjualan seperti biasa. Dari permasalahan diatas, maka untuk melakukan pengoptimalan penjualan pupuk di UD.Anugerah Tani Saribudolok agar dapat membuat sebuah strategi penjualan dengan melakukan persediaan barang berdasarkan hasil kombinasi item produk pupuk berdasarkan penjualan maka dapat dilakukan dengan cara menerapkan sebuah ilmu pengetahuan yaitu Data Mining. Dalam permasalahan kasus seperti ini dapat diterapkan sebuah asosiasi menggunakan salah satu metode dalam data mining yaitu Frequent Pattern Growth (FP-Growth). Hasil yang didapatkan dari sistem yang dibangun adalah analisis perhitungan metode FP-Growth dengan hasil pembentukan aturan asosiasi dengan pembentukan aturan yang cukup baik dan juga cepat.
References
L. Maulida, “Penerapan Datamining Dalam Mengelompokkan Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Unggulan Di Prov. Dki Jakarta Dengan K-Means,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 2, no. 3, p. 167, 2022, doi: 10.14421/jiska.2022.23-06.
D. Winarti, M. Kom, E. Revita, and M. Kom, “Penerapan Data Mining untuk Analisa Tingkat Kriminalitas Dengan Algoritma Association Rule Metode FP-Growth,” J. SIMTIKA, vol. 4, no. 3, pp. 8–22, 2021.
A. Maulana and A. A. Fajrin, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 27, 2023, doi: 10.20527/klik.v5i1.100.
G. Gunadi and D. I. Sensuse, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( Fp-Growth ) :,” Telematika, vol. 4, no. 1, pp. 118–132, 2021.
V. Vivi, F. W. Andy, and R. Siti, “Kinerja Birokrasi dalam Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang,” Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 5, no. 1, pp. 74– 85, 2024.
K. Balittanah, “PENGERTIAN PUPUK,”Balittanah, 2023. http://balittanah.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/en/berita-terbaru-topmenu- 58/1059-.
T. Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, “Pupuk organik cair,” J. GEEJ, vol. 7, no. 2, pp. 4–12, 2021.
E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. Vol 4, No., no. September, pp. 1–4, 2024.
M. Bakri, “Penerapan Data Mining untuk Clustering Kualitas Batu Bara dalam Proses Pembakaran di PLTU Sebalang Menggunakan Metode K-Means,” J. Teknoinfo, vol. 11, no. 1, p. 6, 2021, doi: 10.33365/jti.v11i1.3.
P. Meilina, “Penerapan Data Mining dengan Metode Klasifikasi Menggunakan Decision Tree dan Regresi,” J. Teknol. Univ. Muhammadiyah Jakarta, vol. 7, no. 1, pp. 11–20, 2023, [Online]. Available: jurnal.ftumj.ac.id/index.php/jurtek
M. S. Mustafa, M. R. Ramadhan, and A. P. Thenata, “Implementasi Data Mining untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 4, no. 2, p. 151, 2021, doi: 10.24076/citec.2017v4i2.106.
M. P. Tana, F. Marisa, and I. D. Wijaya, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 3, no. 2, pp. 17–22, 2023, doi: 10.37438/jimp.v3i2.167.
R. Purwaningsih, Y. Widharto, N. Susanto, and L. T. Utami, “Redesain Tata Letak Produk Di Supermarket Berdasarkan Perilaku Pembelian Dengan Metode Market Basket Analysis,” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 15, no. 3, pp. 196–202, 2024, doi: 10.14710/jati.15.3.196-202.
S. A. Arnomo, “Market Basket Analysis pada Barang Minimarket dimasa Pandemi Covid-19,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 2, p. 127, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i2.43243.
D. Gustian, K. Rustaman, and A. Nurfitri, “Pemantauan Pola Pengunjung Perpustakaan Dengan Metode FP-Growth Guna Meningkatkan Fungsi Perpustakaan,” Informatics Educ. Prof., vol. 3, no. 2, pp. 149–160, 2023.
M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram Uml Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, p. 70 halaman, 2024.
Dian Permata Sari, F. Sembiring, Dwi Putri Sulisdianto, Yanti Jentiner, and Erip Suratno, “Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Memprediksi Faktor Siswa Membolos (Studi Kasus : Faktor Siswa Membolos Di Smpn 1 Parakansalak),” J. RESTIKOM Ris. Tek. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2022, doi: 10.52005/restikom.v2i1.61.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang masuk ke situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan dan pihak lain.











