Analisis Pengaruh Faktor Sosial terhadap Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Regresi Linier
DOI:
https://doi.org/10.53513/jis.v24i1.10664Keywords:
Faktor Sosial, Kinerja Akademik, Regresi Linier, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Pertemanan, EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor social terhadap kinerja akademik mahasiswa melalui regresi linier. Variabel sosial yang diteliti meliputi dukungan keluarga, hubungan social dengan teman, kondisi ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 35 mahasiswa dari STMIK Pelita Nusantara. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri dari empat faktor social yang merupakan variable independent dan satu variable dependent yaitu kinerja akademik yang diukur dengan IPK. Persamaan regresi berganda . Hasil analisis regresi linier pada setiap variable ialah pada lingkungan keluarga nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 artinya lingkungan keluarga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja akademik mahasiswa STMIK Pelita Nusantara. Pada lingkungan pertemanan nilai sig sebesar 0,578 > 0,05 berarti lingkungan pertemanan tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja akademik mahasiswa STMIK Pelita Nusantara. Pada ekonomi nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 berarti ekonomi memilki pengaruh terhadap kinerja akademik mahasiswa STMIK Pelita Nusantara. dan secara keseluruhan diperoleh hasil perhitungan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan dan ekonomi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja akademik mahasiswa STMIK Pelita NusantaraReferences
Putriaji Hendikawati, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa,” 2010.
Sandy Arief Lathifah Al Khumaero, “PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU, DISIPLIN BELAJAR, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR,” Economic Education Analysis Journal, vol. 6, no. 3, pp. 698–710, 2017, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
F. H. A. W. Siti Rohiyah, “PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP IPK MAHASISWA,” JBES, vol. 3, no. 1, pp. 17–24, Mar. 2022.
N. Wanti Wulan Sari and D. Mirwansyah, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IPK LULUSAN STMIK SENTRA PENDIDIKAN BISNIS,” in Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya , 2019, pp. 199–205.
A. J. Manoppo and F. I. Bolung, “TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA PADA PRESTASI AKADEMIK,” Nutrix Jurnal, vol. 3, no. 1, pp. 42–49, 2019.
R. Saragih, I. Gunawan, I. Parlina, S. Tunas Bangsa, and G. Artikel, “Implementasi Metode Regresi Linier Berganda untuk Prediksi Siswa Berprestasi Berdasarkan Status Sosial dan Kedisiplinan Implementation of the Multiple Linear Regression Method to Predict Student Achievement Based on Social Status and Discipline,” JOMLAI: Journal of Machine Learning and Artificial Intelligence, vol. 2, no. 2, pp. 2828–9099, 2023, doi: 10.55123/jomlai.v2i2.3128.
D. Vicky Marceylla and W. Tjipto Subroto, “PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP IPK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNESA,” JUPE, vol. 09, no. 01, pp. 36–42, 2021.
Syarifa Wahidah Al Idrus dan Rizka Isnaeni, “ANALISIS PENGARUH TEMPAT ASAL TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM,” Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 6, no. 1, pp. 26–33, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
A. Wibowo and R. A. Febrianto, “PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA STMIK SINAR NUSANTARA,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN), vol. 8, no. 1, pp. 68–73, Apr. 2020, doi: 10.30646/tikomsin.v8i1.484.
N. Trisna et al., “PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA MEDAN MELALUI SIKAP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING,” 2015.
P. Naomi and A. Dwi Nindyati, “Faktor-Faktor Individu Yang Mempengaruhi Kinerja Akademik Mahasiswa (Pada Mahasiswa Universitas Paramadina Angkatan 2008) (,” 2008.
Y. Asohi, “IMPELEMENTASI ALGORITMA REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK PREDIKSI PENJUALAN,” 2020.
H. Utami, S. Nur Barokah, T. Jurusan Administrasi Bisnis, and P. Negeri Semarang, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI MAHASISWA ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI MAHASISWA (Studi Kasus Pada Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang),” Admisi Bisnis Politeknik Negeri Semarang, vol. 19, no. 1, pp. 59–68, 2018.
N. Astriawati, “Penerapan analisis regresi linier berganda untuk menentukan pengaruh pelayanan pendidikan terhadap efektifitas belajar taruna di akademi maritim Yogyakarta,” Bahari Jogja, vol. XIV, no. 23, pp. 22–37, 2016.
Y. Utami, D. Vinsensia, P. Muslim, and E. P. Korespondensi, “Model Regresi Linier Berganda dalam Hubungan Mata Kuliah Matematika dengan Kecerdasan Buatan,” Agustus, vol. 22, no. 2, pp. 440–448, 2023, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jis/index
H. S. Said, C. Khotimah, D. Ardiansyah, and H. Khadrinur, “Uji Validitas dan Reliabilitas: Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Matakuliah Accounting For Business atau Pengantar Akuntansi (Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Telkom Tahun Ajaran 2022/2023),” JUPEA, vol. 3, no. 2, 2023.
H. Puspasari and W. Puspita, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19,” Jurnal Kesehatan, vol. 13, no. 1, p. 65, 2022, doi: 10.26630/jk.v13i1.2814.
P. Muslim Rasmanna and Y. Utami, “Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen,” Jurnal Sains dan Teknologi , vol. 4, no. 2, pp. 21–24, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang masuk ke situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan dan pihak lain.