Implementasi Internet Of Things (IOT) Untuk Sistem Kendali Kekeruhan Air Pada Tangki Air Menggunakan Metode Duplex Berbasis NodeMCU

Authors

  • Mhd. Rasyid Ridho STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.1835

Abstract

Pentingnya air untuk kebutuhan hidup manusia sehari-hari sehingga banyak orang menggunakan tangki air. Tangki air merupakan alat yang biasanya digunakan untuk menampung air agar air yang ditampung dapat digunakan kembali. Pada umumnya tangki air diletakkan di atas rumah agar air dapat mengalir. Namun terkadang air yang terlalu lama di dalam tangki akan kotor karena lumut dan menjadi keruh. Sedangkan untuk mengecek kelayakan air, posisi tangki yang berada di atas rumah akan mempersulit untuk mengeceknya. Air keruh yang dikonsumsi dapat menyebabkan penyakit pencernaan. Maka dari itu pengujian kekeruhan air akan sangat diperlukan di dalam proses pengolahan air, agar layak digunakan. Sebagai solusi dari kendala tersebut diperlukan adanya suatu sistem kendali yang dimana pengguna dapat mengetahui kondisi kekeruhan air pada tangki air tanpa harus melihat air yang ada didalam tangki tersebut secara online dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) berbasis NodeMCU. Sistem ini bekerja menggunakan sensor photodioda, sensor HC-SR04, filter air sederhana, pompa DC, dan NodeMCU. NodeMCU digunakan sebagai sistem kendali utama pada sistem ini yang dimana NodeMCU adalah komponen yang mengatur dari kerja komponen lainnya. Beberapa komponen ini digunakan sebagai pendukung dari proses sistem kendali kekeruhan yang sedang berlangsung pada tangki air.Setelah dilakukan perancangan sistem kendali kekeruhan air pada tangki air dengan konsep Internet of Things berbasis NodeMCU ini didapat hasil bahwa sistem kendali kekeruhan air pada tangki air dapat dibangun dan dimonitoring melalui Blynk dan dapat juga diimplementasikan menggunakan teknologi IoT yang berbasis NodeMCU. Dengan adanya sistem kendali kekeruhan yang sudah terhubung dengan Blynk ini diharapkan agar air keruh dan level air dalam tangki terpantau dan air keruh tidak mengalir ke rumah. 

References

S. Afrianti Rahayu and M. Muhammad Hidayat Gumilar, “Uji Cemaran Air Minum Masyarakat Sekitar Margahayu Raya Bandung Dengan Identifikasi Bakteri Escherichia coli,†Indones. J. Pharm. Sci. Technol., vol. 4, no. 2, p. 50, 2017, doi: 10.15416/ijpst.v4i2.13112.

Sumiyati, A. Subagiyo, and A. Lusiana, “Sanitation and Drinking Water Quality on Drinking Water Station Sanitasi dan Kualitas Air Minum pada Depot Air Minum ( DAM ),†J. Ris. Kesehat., vol. 4, no. 3, pp. 832–838, 2015.

D. Setiadi and M. N. A. Muhaemin, “Penerapan Internet of Things (IoT) Pada Sistem Monitoring Irigasi (Smart Irigasi),†J. Infotronik, vol. 3, no. 2, pp. 95–102, 2018.

J. Prayudha, A. Pranata and H. Prastyo, “Implementasi Teknik Komunikasi Serial Half Duplex Pada Kendali Jarak Jauh Lampu Ruangan Rumah Berbasis Internet Of Things (IoT),†J. Sisco Tech, vol. 3, no. 1, pp. 32–40, 2020.

I. Gunawan, T. Akbar and M. Giyandi Ilham, “Prototipe Penerapan Internet Of Things (Iot) Pada Monitoring Level Air Tandon Menggunakan Nodemcu Esp8266 Dan Blynk,†J. Informatika dan Teknologi, vol. 3, no. 1, 2020.

P. Ivan Adi Guna, I Made Arsa Suyadnya and I Gusti Agung Pt Raka Agung, “Sistem Monitoring Penetasan Telur Penyu Menggunakan Mikrokontroler NodeMCU ESP8266 dan Protokol MQTT dengan Notifikasi Berbasis Telegram Messenger,†J. Cosine, vol. 2, no. 2, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2018-06-25

Issue

Section

Articles

URN