Pelatihan Pembuatan Aplikasi Tabungan Siswa Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Bidayatul Hidayah Berbasis Desktop

Hendra Jaya, Hendryan Winata, Muhammad Dahria, Sobirin Sobirin, Juniar Hutagalung, Rudiansyah Rudiansyah

Abstract


Pendidikan di sekolah tidak hanya pada aspek membekali para siswa dengan tumbuh kembang saja namun juga pemberian karakter sejak dini. Kecerdasan anak terhadap memahami pengelolaan keuangan sehari-hari perlu juga dibekali sehingga anak dapat menggunakan uang dengan baik dan bijak. Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Bidayatul Hidayah seluruh siswa diwajibkan untuk menabung demi melunasi cicilan biaya administrasi di akhir semester genap. Laporan tabungan dalam satu tahun pada sekolah tersebut masih dilakukan secara manual. Dengan banyaknya komponen administrasi, sering terjadi kesalahan pada pencatatan sehingga menimbulkan kerugian dan keluhan dari orang tua siswa/i. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang ingin dicapai yaitu untuk merancang dan membangun aplikasi yang dapat melakukan pencatatan tabungan  siswa/i pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bidayatul Hidayah berbasis desktop. Manfaat dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dapat membantu operator sekolah melakukan proses pencatatan tabungan siswa/i dengan aplikasi berbasis desktop secara cepat dan akurat. Dapat memberikan kemudahan untuk pengambilan keputusan dalam proses pencatatan tabungan siswa/i pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bidayatul Hidayah. Aplikasi ini diharapkan berguna untuk operator dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bidayatul Hidayah serta dapat diterapkan pada sekolah lain.

Full Text:

PDF

References


Azima, M. F. (2020). Pengembangan Dan Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru SD IT Di Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 48-52.

Damayanti, Sulistiani, H., Permatasari, Febrimadhona, U., dan Widodo, T. (2020). Penerapan Teknologi Tabungan Untuk Siswa Di Sd Ar Raudah Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya. Jurnal Informatika Dan Komputasi, 1(1), 25–30. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2585.

Hapsari, S. Riasti, B. B. and Wardati, I. U. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pembayaran Dan Tabungan Siswa Pada Bank Mini Artha Mandiri Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri Pringkuku Pacitan, Indonesian Jurnal on Computer Science Speed, vol. 9 (3), pp. 84 – 93.

Hutagalung, J., & Maya, W. R. (2022). Digitalisasi Masjid Era Society 5 . 0 Menggunakan Teknologi Qris Pada Kas Masjid Al-Muslimin. JCES (Journal Of Character Education Society), 5(1), 151–160.

Mundir, A. (2018). Penerapan Pendidikan Financial pada anak usia sekolah, Jurnal of Education, vol. 1(2), pp. 108 -120.

Riyanto, A., Syabaniah, R. N., Selviana, S., & Marsusanti, E. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Tabungan Siswa Berbasis Web Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Syntax : Jurnal Informatika, 8(2), 101. https://doi.org/10.35706/syji.v8i2.2162

Sonata, F., Wiguna, D. P., & Hutagalung, J. (2020). Pemanfaatan Google Forms Pada Organisasi Peneliti Sebagai Upaya Kontribusi Meningkatkan Minat Riset Di Kota Medan. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 105–110.




DOI: https://doi.org/10.53513/abdi.v3i1.7558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.