Pendampingan Pengelolaan Website Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Bengkulu Utara Menggunakan CMS Lokomedia

Khairil Khairil, Achmad Fikri Sallaby, Herlina Latipa Sari, Moh. Syahrul Adlom, Aryopi Arsipan

Abstract


Pembuatan website sekolah menjadi salah satu pilihan ketika masyarakat juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. Untuk itu sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa dan wali murid, dengan adanya website sekolah terdapat beberapa manfaat salah satunya adalah menghadirkan informasi kegiatan sekolah yang positif dan kreatif dan mengetahui berbagai hal tentang Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Bengkulu Utara, dari hasil observasi pada , kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu pihak SMA Negeri 3 Bengkulu Utara melakukan pendampingan dalam pengelolaan website dengan mengevaluasi website   SMA Negeri 3 Bengkulu Utara yang sudah ada dengan menggunakan software CMS Lokomedia, Tim PkM Filkom Unived Bengkulu berhasil mengembangkan website SMA Negeri 3 Bengkulu Utara sesuai dengan kebutuhan yang difokuskan kepada media informasi dan promosi SMA Negeri 3 Bengkulu Utara dengan langkah dari tahap perencanaan dan persiapan sampai dengan kegiatan pendampingan admin pengelola website berjalan dengan lancr dan baik sesuai dengan rencana dan berjalan dengan baik dan lancar.

Kata kunci: Pendampingan, Pengelolaan, Website, Lokomedia.


Full Text:

PDF

References


Agus Prayitno, Yulia Safitri, (2015), Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis, 1-10, Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/viewFile/592/483s.

Christian A, Hesinto S dan Agustina, 2018, Rancang Bangun Website Sekolah dengan menggunakan Framework Bootstrap (Studi kasus SMP Negeri 6 Prabumulih), Jurnal SISFOKOM, Volume 07, Nomor 01, Maret 2018, PP. 22-26.

Fiftin Noviyanto , Al Mazari, (2014), Pengembangan Aplikasi Generator Modul Pada Cms Untuk Mempermudah Pengembangan Sistem Berbasis Web (Studi Kasus: Cms Lokomedia), TECHSI Vol 4. Nomor 1 2014 : Jurnal Penelitian Teknik Informatika.

Puspaningrun, A.S. dan Susanto, E.R (2021), Penerapan dan Pelatihan e-learning pada SMA Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(2), pp 91-100. doi : 10.23960/jpkmt.v2i2.34.

Sabarudin, R. Jayanti, W.E. (2019). Jago ngoding Pemrograman Web dengan PHP untuk pemula. Surabaya. CV. Kanaka Media.

Trimarsiah, Y. dan Arafat, M. (2017). Analisis dan Perancangan Website sebagai Sarana. Jurnal Ilmiah MATRIK, Vol. 19, pp 1-10.




DOI: https://doi.org/10.53513/abdi.v3i1.7451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.