Pelatihan Pemanfaatan Teknologi dalam Bisnis Online Ibu Rumah Tangga Sebagai Upaya Membantu Perekonomian di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v1i1.3355Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Penyebaran virus menyebabkan terhambatnya pekerjaan berbagai kalangan hingga kemerosotan pendapatan bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK). Ibu rumah tangga sebagai orang yang paling berperan dalam mengatur keuangan rumah tangga sewajarnya sangat merasakan kesulitan dalam mengelola keuangan di masa pandemi ini. Hal ini menyebabkan para ibu rumah tangga berupaya membangun usaha untuk membantu perekonomian keluarga. Namun tantangan dalam membangun usaha adalah bagaimana cara memasarkan produk dan bertahan dalam persaingan. Digital marketing dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih dan media sosial yang ramai pengguna dapat dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga dalam memperlancar usaha yang dibangun. Tujuan pelatihan ini adalah sebagai bentuk aplikasi Tri Darma Perguruan tinggi, silaturahim kepada masyarakat khususnya pada ibu rumah tangga yang melakukan usaha di masa pandemi yang berada dalam naungan yayasan Jannatul Ikram Madani kecamatan Medan Area, dan sebagai upaya menerapkan ilmu pengetahuan untuk membantu ibu rumah tangga agar dapat menggunakan secara optimal teknologi dan media yang tersedia untuk memajukan bisnis online yang dibangun. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para ibu rumah tangga dalam mengoptimalkan teknologi dan media untuk mensukseskan usaha dalam membantu perekonomian di masa pandemi ini.References
Blandina, S., Noor Fitrian, A., & Septiyani, W. (2020). Strategi Menghindarkan Indonesia dari Ancaman Resesi Ekonomi di Masa Pandemi. Efektor, 7(2), 181–190. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.15043
Darmawan, A., & Desiana, R. (2021). Zakat dan Pemerataan Ekonomi Di Masa Pandemi COVID-19. Al - Azhar Journal of Islamic Economics, 3(April), 12–24. https://doi.org/10.37146/ajie.v3i1.57
Dewi Diah Fakhriyyah, Yuni Wulandari, C. K. (2020). Sosialisasi digital marketing dan inovasi produk pada ukm gula merah guna mempertahankan ekonomi di masa pandemi covid-19. Jp2M, 1(4), 311–317.
Khoiri Abdi, M., & Febriyanti, N. (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19. El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 10(2), 160–178. https://doi.org/10.15642/elqist.2020.10.2.160-178
Salkiah, B. (2020). Perubahan Paradigma Pendidikan dan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Media Bina Ilmiah, 15(1), 3781–3787.
Santosa, A. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang Di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1257. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i11.1770