Pemanfaatan Web Dan Mobile Based Test Untuk Optimalisasi Ujian Online dan Metode Multi RNG
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v1i1.3335Abstract
Pandemi Covid-19 mengakibatkan sekolah-sekolah melaksanakan pembelajaran daring. Seluruh elemen pembelajaran dilaksanakan secara daring baik penyampaian materi ajar, tugas, maupun ujian. Sekolah-sekolah saat ini banyak mempersiapkan Learning Management System (LMS) salah satunya adalah ujian online. Ujian online ini dibutuhkan agar pelaksanaannya dapat di lakukan secara daring di rumah siswa. Ujian online ini dapat menyelesaikan permasalahan orang tua dan siswa di dalam upaya menerapkan protokol kesehatan yaitu menghindari kerumunan. Ujian online yang dilakukan juga mengadopsi Metode Multi Random Number Generator yang diharapkan dapat melakukan pengacakan soal sehingga siswa yang ujian pada waktu bersamaan tidak dapat bekerjasama dikarena soal yang muncul berbeda satu dengan yang lain pada waktu yang sama. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah sebuah manajemen sistem pembelajaran yang mampu mengatasi masalah sekolah, orang tua, dan siswa dalam proses ujian harian, ujian mingguan, ujian tengah semester dan ujian semester. Diharapkan manajemen sistem pembelajaran yang dibangun menjadi solusi bagi sekolah-sekolah yang menerapkan pembelajaran secara daring.Kata kunci: Covid-19, Sekolah Daring, Web Based Test, Ujian Online, LMSReferences
Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Ed606496. 2(1), 2–8.
Chan, B. S. K., & Chiu, T. K. F. (2017). Digital Literacy Learning In Higher Education Through Digital Storytelling Approach. Journal of International Education Research, 13(1), 1–16. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1144564.pdf
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018
Hodges, C., Moore, S., Lockee, B., Trust, T., & Bond, A. (2020). Remote Teaching and Online Learning. Educause Review, 1–15. https://er.educause.edu/articles/2020/3/the-difference-between-emergency-remote-teaching-and-online-learning%0Ahttps://er.educause.edu/articles/2020/3/the-difference-between-emergency-remote-teaching-and-
Lambić, D., Janković, A., & Ahmad, M. (2018). Security Analysis of the Efficient Chaos Pseudo-random Number Generator Applied to Video Encryption. Journal of Electronic Testing, 34(6), 709–715. https://doi.org/10.1007/s10836-018-5767-0
Orabona, F. (2019). A Modern Introduction to Online Learning. http://arxiv.org/abs/1912.13213
Rahmah, A. (2015). Digital Literacy Learning System for Indonesian Citizen. Procedia Computer Science, 72, 94–101. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.109
Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Roever, C. (2001). Concerns with Computerized Adaptive Oral Proficiency Assessment. Language Learning & Technology, 5(2), 84–94. http://llt.msu.edu/vol5num2/roever/default.html
Roever, C. (2006). Validation of a web-based test of ESL pragmalinguistics. Language Testing, 23(2), 229–256. https://doi.org/10.1191/0265532206lt329oa
Supratman, L. P., & Wahyudin, A. (2017). Digital Media Literacy to Higher Students in Indonesia. International Journal of English Literature and Social Sciences, 2(5), 51–58. https://doi.org/10.24001/ijels.2.5.7
Zulkarnain, Z., Heleni, S., & Thahir, M. (2020). Digital literacy skills of math students through e-learning in COVID-19 era: A case study in Universitas Riau. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012015