Optimalisasi Konten Video Melalui Platform Tiktok Untuk Promosi Produk Tahu Sumedang Putri Deli Kec.Namorambe Kab.Deli Serdang
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v5i2.11848Keywords:
Konten Video, Promosi, Tiktok, Tahu Sumedang, UMKMAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM Tahu Sumedang Putri Deli yang berlokasi di Kec. Namorambe, Kab. Deli Serdang dalam meningkatkan citra dan jangkauan pasar melalui optimalisasi konten video menggunakan platform TikTok sebagai media promosi produk. Permasalahan mitra selama ini adalah pemasaran produk yang masih terbatas secara offline dan promosi dari mulut ke mulut sehingga potensi produk yang berkualitas belum dikenal luas oleh masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif dan pelatihan praktik langsung. Mitra diberikan pelatihan pembuatan akun TikTok bisnis, pengenalan ide konten, teknik pengambilan video menggunakan smartphone, editing video sederhana, hingga strategi publikasi konten secara efektif. Pendampingan dilakukan untuk memastikan mitra dapat memproduksi konten secara mandiri dan memanfaatkan TikTok sebagai media promosi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mitra mampu membuat dan mengunggah 6 konten video promosi di akun TikTok UMKM secara mandiri dengan peningkatan keterampilan digital marketing, mulai dari pengambilan video, editing, hingga strategi penggunaan caption dan hashtag. Kegiatan ini berdampak positif dalam membantu UMKM memanfaatkan platform digital untuk pemasaran dengan biaya efisien, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan potensi penjualan produk tahu secara berkelanjutan di era digital.References
Anang Setiawan, Fadil Muhammad, Nurul Chalisa Majiding, Achmad Ridha, & Azlan Azhari. (2025). Optimalisasi Konten Instagram dan TikTok serta Pelatihan Editing Video dengan CapCut bagi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 5(2), 56–64. https://doi.org/10.56910/wrd.v5i2.674
Fatira AK, M., Suadi, S., Safrida, E., Sebayang, R., & Nurlinda, N. (2020). Peningkatan Produksi Usaha Tahu Sumedang Melalui Penyediaan Peralatan dan Pendampingan Usaha. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang207
Haryono, G., Esteka Sari, A., Abdallah, Z., & Pramurza, D. (2022). Optimalisasi Produktivitas Usaha Tahu Sumedang Husin Pelayang Raya.
Masitoh, G., Wardianto, Turmuji, Rusmiati, Najah F, A., & Wahtu P, L. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Berbasis Digital Marketing produk UMKM Tahu Bu Siti Bandarjaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(4), 4721–4728. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i4.4305
Novita, D., Herwanto, A., Cahyo Mayndarto, E., Anton Maulana, M., & Hanifah, H. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Pemasaran Dalam Bisnis Online. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2543–2550. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13312
Trisnandita, P., Dwi Indriani, S., Wulandari A, A., Amanda S, M., Ramadhani, A., & Ussholikhah, N. (2025). Optimalisasi Promosi Dan Pemasaran Melalui Platform TikTok Terhadap Permintaan Produk UMKM Tina Jaya Lamongan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 6(2), 1773–1780. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i2.5618