Digitalisasi dengan Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Promosi dan Iklan
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v5i2.11640Keywords:
teknologi, digital, iklan, media, canvaAbstract
Perkembangan teknologi mengakibatkan banyaknya aktivitas konvensional yang mulai tertinggal, hal ini dikarenakan teknologi digital mampu memberikan solusi praktis yang lebih efektif dan efisien. Salah satu kegiatan yang tergeser saat ini diantaranya adalah promosi dan periklanan, baik promosi dan periklanan barang maupun jasa. Bahkan dapat dilihat bahwa setiap media sosial yang tersedia saat ini memberikan promosi dan iklan dengan memberikan penawaran biaya yang lebih murah dibandingkan dengan konsep konvensional. Oleh karena itu masyarakat wajib memahami dan mempelajari konsep pembuatan iklan secara digital agar mampu bersaing khususnya di lingkungan masyarakat saat ini. Salah satu dasar yang perlu dipahami adalah pemanfaatan smartphone dan aplikasi pendukung yang dapat digunakan. Seperti canva yang saat ini cukup popular sebagai aplikasi guna membantu proses desain dan perancangan iklan secara digital. Hanya dengan memanfaatkan smartphone dan canva, masyarakat diharapkan mampu meningkatkan proses promosi dan iklan sebuah produk yang ingin di jual. Hal ini yang menjadi alasan sekolah SMK Delisha mencoba untuk mengembangkan penggunaan canva dalam kegiatan belajar sebagai media yang dapat dimanfaatkan sebagai pendukung kompetensi siswanya dikemudian hari.References
Akmal, H. F., Ersadewa, D. T., & Rahmawati, D. (2024). Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan Marina Hand Body Lotion. Jurnal Audiens, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.265
Basyo, I., & Anirwan, A. (2023). Pelayanan Publik Era Digital: Studi Literatur. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(1), 23–31. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v4i1.477
Harahap, A. F. R., & Harahap, A. M. (2023). Peran digitalisasi dalam meningkatkan partisipasi publik pada pengambilan keputusan tata negara. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 769. https://doi.org/10.29210/1202323208
Harahap, A., Wibowo, T. S., Sitopu, J. W., Solehuddin, M., & Napsin, N. (2022). Penggunaan dan Manfaat Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Ditingkat Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 539–544. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3782
Nento, F., & Manto, R. (2023). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. E-TECH, 11(01), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Sasambe, G., Massie, J. D. D., & Rogi, M. (2023). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Freshmart Superstore Bahu Manado Terkait Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Covid19 (Studi Pada Konsumen Freshmart Superstore Bahu Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 186–195. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.48358
Siregar, A., Harahap, D., Pandiangan, H. E., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). BERDASARKAN ETIKA DAN NILAI ISLAM. 8(1), 27–35.
Sofiyani, A., Suryasuciramdhan, A., & Nurjanah, F. N. (2025). Efektivitas Penggunaan Jargon Dalam Iklan Produk Indomie Universitas Bina Bangsa , Indonesia. 2, 25–34.