Pemanfaatan Sosial Media Dalam Optimalisasi

Authors

  • Sartika Mandasari Universitas Al-Azhar
  • Yuni Franciska br Tarigan AMIK Polibisnis
  • Meisarah Riandini Universitas Al-Azhar
  • Karina Andriani STMIK Triguna Dharma
  • Masri Wahyuni AMIK Polibisnis

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i2.11265

Keywords:

Optimalisasi, Media Sosia, Pembelajaran

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan media sosial sebagai sarana pembelajaran bagi guru, siswa, dan orang tua. Program ini memberikan pemahaman dan keterampilan praktis dalam menggunakan media sosial secara positif, aman, dan efektif untuk mendukung pembelajaran di era digital. Melalui pelatihan dan pendampingan, peserta belajar tentang platform media sosial, pembuatan konten edukatif, keamanan online, dan praktik terbaik dalam memanfaatkan media sosial sebagai sumber belajar dan diskusi. Hasilnya menunjukkan peningkatan keterampilan peserta dalam menggunakan media sosial untuk pembelajaran, peningkatan motivasi belajar siswa, pengembangan literasi digital, serta peran aktif orang tua dan guru dalam memantau penggunaan media sosial. Kegiatan ini diharapkan menjadi awal pembentukan ekosistem belajar yang adaptif dan inovatif melalui kolaborasi untuk mengoptimalkan media sosial sebagai sumber belajar.Kata kunci: Optimalisasi, Pembelajaran, Media Sosia.

Author Biographies

Sartika Mandasari, Universitas Al-Azhar

Manajemen

Yuni Franciska br Tarigan, AMIK Polibisnis

Komputerisasi Akuntansi

Meisarah Riandini, Universitas Al-Azhar

Manajemen

Karina Andriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Masri Wahyuni, AMIK Polibisnis

Komputerisasi Akuntansi

References

N. Sari, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA SINDANGSARI,” ABDIMA J. Pengabdi. Mhs., vol. 2, no. 1, pp. 3956–3962, 2023.

C. M. Hidayat, “Pelatihan Dan Sosialisasi Tiktok Shop Sebagai Strategi Digital Marketing Untuk Optimalisasi UMKM Menuju Digitalisasi,” IJCOSIN Indones. J. Community Serv. Innov., vol. 3, no. 2, pp. 33–41, 2023.

S. Hariyanti, “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kripik Jamur Tiram,” Al-Muraqabah J. Manag. Sharia Bus., vol. 2, no. 2, pp. 126–145, 2022.

M. S. Sofiyana, L. D. Lestari, M. H. Triamini, A. I. Faizah, and V. R. Ardiyansyah, “Sosialisasi pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan pemasaran UMKM di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar,” Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 4, pp. 96–100, 2021.

M. R. Firdaus and D. Aisha, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN UMKM DI DESA WALUYA PADA ERA DIGITAL,” ABDIMA J. Pengabdi. Mhs., vol. 2, no. 2, pp. 7280–7285, 2023.

R. E. Putri, M. Wasito, and A. N. Lestari, “Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 4, no. 3, pp. 667–675, 2023.

H. Siregar, “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila,” 2022.

A. Triyono, L. Yuliastuti, T. Rahayu, D. Amidasti, and N. I. Amorita, “OPTIMALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA/SISWI SMKN 1 SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU,” J. Pengabdi. Kpd. Mayarakat, vol. 5, no. 2, pp. 38–44, 2023.

Downloads

Published

2025-07-17