Sosialisasi Game Edukasi di Sekolah Dasar Al Washliyah Kelurahan Tanjung Rejo

Authors

  • Ahmad fitri boy STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i2.11263

Keywords:

komputer, edukasi, game, bahasa inggris, teknologi

Abstract

Teknologi saat ini tidak lagi hanya sekedar pendukung namun sudah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat dalam bermasyarakat dan menjalani aktivitas. Hampir setiap aktivitas selalu melibatkan teknologi di dalamnya. Terutama di lingkungan pendidikan, bahkan level pendidikan terendah sudah memperkenalkan dan memanfaatkan teknologi guna mendukung proses pembelajaran. Dari kondisi tersebut Sekolah Dasar Al Washliyah  selalu mengupayakan anak didiknya tidak tertinggal dengan informasi-informasi terkait perkembangan teknologi baik melalui media handphone maupun komputer, baik secara teori maupun praktik atau sekedar sosialisasi dari mitra yang mendukung. Seperti yang dilakukan beberapa narasumber sebelumnya dimana sosialisasi terkait media pembelajaran dilakukan guna mendukung minat belajar siswa-siswi sekolah dasar Al Washliyah di desa Tanjung Rejo kecamatan Medan Sunggal. Sosialisasi berfokus pada pembelajaran bahasa inggris dalam bentuk game edukasi sehingga proses pembelajaran lebih interaktif dan menarik.

References

F. Nento and R. Manto, “Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan Fauzani,” Semin. Nas. Jambore Konseling 3, vol. 11, no. 1, pp. 1–5, 2017, doi: 10.1007/XXXXXX-XX-0000-00.

A. Rahman, S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, and Yumriani, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan,” Al Urwatul Wutsqa Kaji. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022.

M. M. Moto, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan,” Indones. J. Prim. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 20–28, 2019, doi: 10.17509/ijpe.v3i1.16060.

M. Sari, D. N. Elvira, N. Aprilia, S. F. Dwi R, and N. Aurelita M, “Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” War. Dharmawangsa, vol. 18, no. 1, pp. 205–218, 2024, doi: 10.46576/wdw.v18i1.4266.

Karseno, Sariyasa, and I.G. Astawan, “Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Android Pada Topik Bilangan Bulat Kelas Vi Sekolah Dasar,” J. Teknol. Pembelajaran Indones., vol. 11, no. 1, pp. 16–25, 2021, doi: 10.23887/jurnal_tp.v11i1.621.

A. L. Putri, D. Yulistio, and P. Utomo, “Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Seluma,” J. Ilm. KORPUS, vol. 5, no. 1, pp. 45–51, 2021, doi: 10.33369/jik.v5i1.13449.

Downloads

Published

2025-07-19