Program Peningkatan Kemampuan Public Speaking dan Mental Leadership bagi Siswa Sekolah Menengah : Speak to Lead
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v5i2.11193Keywords:
public speaking, leadership, pendidikan mental, pendidikan karakterAbstract
Program "Speak to Lead" merupakan pengembangan soft skills yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking dan mental leadership siswa sekolah menengah. Tujuan utama dari program ini adalah membentuk siswa yang mampu berkomunikasi secara efektif, percaya diri saat berbicara di depan umum, serta memiliki ketangguhan mental dalam memimpin dan mengambil keputusan. Metode yang digunakan meliputi pelatihan berbasis praktik, diskusi kelompok, role-play kepemimpinan, serta sesi refleksi diri. Program ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif yang menekankan pembelajaran aktif dan pengalaman langsung. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek keberanian berbicara di depan umum, artikulasi dan intonasi bicara, serta kemampuan mengambil peran kepemimpinan dalam situasi kelompok. Selain itu, peserta juga menunjukkan perkembangan positif dalam hal empati, pengambilan keputusan, dan manajemen emosi. Dengan demikian, Speak to Lead efektif dalam membekali siswa dengan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan yang relevan untuk menghadapi tantangan global di masa depan.References
Adara, R. A., Budiman, R., & Hartini, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Motivasi Melalui Public speaking Dan Pelatihan Toefl Itp. JE (Journal of Empowerment), 3(1), 65-72.
Goleman, D., Boyatzis, R., & McKee, A. (2013). Primal Leadership: Unleashing the Power of Emotional Intelligence. Boston: Harvard Business Review Press.
Herliana, M., & Hadiningrum, I. (2023). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri Remaja Di MTs Pakis Cilongok. Pamasa: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 10-17.
Kolb, D. A. (2020). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson Education.
Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun kepercayaan diri remaja melalui pelatihan public speaking guna menghadapi era industri 4.0. Abdi Psikonomi, 79-78.
Rakhmaniar, A., Sonjaya, R., Deni, M., & Damayanti, R. A. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Berbicara di Depan Umum Melalui Pelatihan Public speaking pada SMA Pasundan 1 Kota Bandung. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), 132-137.
Saeni, E., Cindrakasih, R. R., Muhariani, W., Herman, H., Anggito, P. L., & Safira, D. (2022). Pelatihan public speaking untuk meningkatkan percaya diri kepada anak-anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 8-15.
Sumantika, A., Sirait, G., & Oktavia, Y. (2024). Pelatihan Pendidikan Karakter Dan Kepemimpinan Pada Siswa Smk Real Informatika Batam. Puan Indonesia, 5(2), 281-288.