Pemanfaatan Canva untuk Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Di SMP

Authors

  • Fitriana Harahap Universitas Potensi Utama
  • Nidia Enjelita Saragih Universitas Potensi Utama
  • Muhammad Faris Universitas Potensi Utama
  • Amalia Diah Syah Putri Universitas Potensi Utama
  • Husin Sariangsah Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Polibisnis
  • Robiatul Adawiyah Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i2.10894

Keywords:

Canva, Pembelajaran Inovatif, Kreativitas, Teknologi Pendidikan, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Perkembangan teknologi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk lebih inovatif dalam menyajikan materi ajar agar lebih menarik dan efektif. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah Canva, sebuah aplikasi desain grafis berbasis daring yang dapat membantu guru dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Namun, masih banyak guru yang belum familiar dengan pemanfaatan Canva dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru di SMP Zawiyyah Darussalami dalam menggunakan Canva sebagai alat bantu pembelajaran. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari pelatihan, praktik langsung, pendampingan, serta evaluasi terhadap implementasi Canva dalam pembelajaran. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan, guru mampu menggunakan Canva secara efektif dalam menyusun materi ajar yang lebih interaktif dan menarik. Selain itu, pemanfaatan Canva juga berdampak positif terhadap peningkatan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Kegiatan ini membuktikan bahwa integrasi teknologi dalam dunia pendidikan, khususnya melalui penggunaan Canva, dapat menjadi solusi dalam menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif, kreatif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital. Untuk keberlanjutan program, diperlukan dukungan dari sekolah dalam bentuk pelatihan lanjutan serta penyediaan fasilitas teknologi yang memadai.

References

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986

Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, Muhamad Baydhowi, & Gilang Mukti Setio Bekti. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Di Himpaudi Mustika Jaya. Jurnal Buana Pengabdian, 4(2), 13–19. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v4i2.2780

Ayuningtyas, V., Oktivani, I., Muliya, I. C., Wulandari, I. D., Halimatussyadiyah, H., Nabila, H. F., & Riskia, G. P. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Mengembangkan Keterampilan Guru Smp Dalam Membuat Lkpd. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1797. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.12868

Munasiah, M., Zikriah, Z., & Heriyati, H. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Membuat Media Pembelajaran. JURNAL PADI (Pengabdian MAsyarakat Dosen Indonesia), 6(1), 1–6. https://doi.org/10.51836/jpadi.v6i1.520

Robiatul Adawiyah1*, Fitriana Harahap2, Nidia Enjelita saragih3, S. N. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Microsoft Powerpoint Pada Siswa SMK YAPIM. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri Vol.1, 1(6).

Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208–213. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/3115

Downloads

Published

2025-07-17