Penerapan Finite State Automata Pada Desain Vending Machine Alat Tulis Sekolah

Authors

  • Chairul Fikri Universitas Nusa Mandiri
  • Windu Gata Universitas Nusa Mandiri
  • Bryan Pratama Universitas Nusa Mandiri
  • Ketut Sakho Parthama Universitas Pramita Indonesia
  • Tuti Haryanti Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursik.v1i6.7328

Abstract

Alat tulis kantor atau yang biasa disingkat dengan ATK, merupakan suatu kebutuhan dan sebagai sarana penunjang yang mempunyai peranan vital didalam berjalannya suatu fungsi kegiatan yang harus dipenuhi, salah satunya untuk murid sekolah. Maka persediaan barang khususnya alat tulis merupakan suatu yang sangat penting, agar siswa yang ingin membeli peralatan sekolah tidak harus keluar dari sekolah, dan dapat memudahkan membeli barang yang dibutuhkan saat sedang tugas praktek. Desain vending mesin alat tulis sekolah akan menggunakan metode finite state automata untuk memperdalam pengetahuan model komputasi yang paling mendasar. Penelitian ini telah menyajikan penerapan konsep finite state automata pada desain vending mesin alat tulis sekolah yang dapat mengeluarkan 5 barang yang sering digunakan, dengan pilihan metode pembayaran berupa uang tunai dan uang elektronik. Vending machine alat tulis sekolah ini bertujuan untuk mempercepat serta memudahkan siswa melakukan pembelian barang yang diinginkan saat sedang pembelajaran

Author Biographies

Chairul Fikri, Universitas Nusa Mandiri

Ilmu Komputer

Windu Gata, Universitas Nusa Mandiri

Ilmu Komputer

Bryan Pratama, Universitas Nusa Mandiri

Ilmu Komputer

Ketut Sakho Parthama, Universitas Pramita Indonesia

Sistem Informasi

Tuti Haryanti, Universitas Nusa Mandiri

Ilmu Komputer

References

M. R. Irwanto, T. Widiyaningtyas, and M. Z. Arifin, “IMPLEMENTASI ALGORITMA MONTE CARLO PADA SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SECARA ONLINE,†Teknol. dan Kejuru. J. Teknol. Kejuruan, dan Pengajarannya, vol. 40, no. 1, pp. 69–78, 2017.

D. Effendi and B. Noviansyah, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG DI SUHUF KERTASENI NUSANTARA BANDUNG,†JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 3, no. 1, 2018.

P. Handoko, H. Hermawan, and S. Jaya, “Reverse Vending Machine Penukaran Limbah Botol Kemasan Plastik Dengan Tiket Sebagai Alat Tukar Mata Uang,†Semin. Nas. Sains dan Teknol. 2018, pp. 1–12, 2018.

monstermac, “Pengertian Vending Machine dan Sejarahnya,†2019. [Online]. Available: https://monstermac.id/pengertian-vending-machine/.

A. A. Fajrin, “Optimasi Inventory Produk dan Jumlah Pesanan dengan Fuzzylogic pada PT. Hilti Nusantara Batam,†J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 3, no. 2, p. 134, 2017.

F. J. Kaunang, “Penerapan Konsep Finite State Automata (FSA) pada Mesin Pembuat Ice Cream Otomatis,†TeIKa, vol. 9, no. 2, pp. 129–137, 2019.

E. Ermawati, N. U. Latifah, N. U. Latifah, L. Kurniawati, A. Bayhaqi, and W. Gata, “Desain Vending Machine Ice Cream Di Sekolah Dengan Mengimplementasikan Konsep Finite State Automata,†INTEK J. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 14–23, 2021.

T. I. Saputra, F. Fauziah, and A. Gunaryati, “Simulasi Vending Machine Dengan Mengimplementasikan Finite State Automata,†JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 3, 2018.

A. S. Maulana, “Implementasi Finite State Automata (FSA) dengan Simulasi Vending Machine pada Aplikasi Android,†J. Edukasi Elektro, vol. 3, no. 2, 2020.

K. Handayani, D. Ismunandar, S. A. Putri, and W. Gata, “Penerapan Finite State Automata Pada Vending Machine Susu Kambing Etawa,†MATICS, vol. 12, no. 2, pp. 87–92, 2021.

Downloads

Published

2022-11-26