Rancang Bangun ATM Beras Raskin Dengan RFID E-KTP Menggunakan Teknik Counter Berbasis Arduino Uno

Safira Angelia Putri, Saniman Saniman, Hendra Jaya, Muhammad Dahria

Abstract


Kemiskinan merupakan keadaan tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kadar kemiskinan tidak hanya sekedar dari keuangan melainkan juga dari bahan pangan salah satunya yaitu beras. Pada saat ini pemerintah telah melakukan sebuah program yang dimana bertujuan untuk membantu warga yang tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dimana program tersebut yaitu program BLT. Meskipun pemerintah sudah mulai melaksanakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga miskin tetapi tidak semua warga menerimanya. Ada beberapa masyarakat yang terkena dampak ekonomi dari yang tinggal dirumah maupun yang mengalami pemutusan hubungan kerja secara mendadak,tetapi tidak mendapat bagian dan tidak masuk dalam daftar tersebut. Dari permasalahan tersebut maka dibuat lah solusi dengan membuat sebuah rancang bangun ATM beras raskin dengan modul RFID E-KTP sebagai kartu pengambilan, Arduino Uno sebagai otak dari proses utama sistem dan menggunakan teknik counter sebagai pembatasan pada kartu.Hasilnya, rancang bangun ATM beras ini dapat bekerja secara optimal, dan apabila proses pengambilan beras sudah ditentukan dan sistem akan mengirimkan notifikasi hasil pengambilan yang akan ditampilkan lcd, dengan adanya rancang bangun ATM beras ini dapat membantu masyarakat yang tidak mamapu dalam mengambil beras


Full Text:

PDF

References


D. V. Ferezagia, “Analisis Tingkat Kemiskinan di Indonesia,” J. Sos. Hum. Terap., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018, doi: 10.7454/jsht.v1i1.6.

Selviana, “Bantuan Langsung Tunai,” Equilib. Pendidik. Sosiol., vol. IV, no. 1, pp. 1–10, 2016.

S. Firdyana, D. Cahyadi, and I. F. Astuti, “Penerapan Metode Weighted Product untuk Menentukan Penerima Bantuan Beras Masyarakat Miskin (Raskin),” Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 336–342, 2017.

P. Model et al., “PERBANDINGAN MODEL REGRESI LOGISTIK DAN GENERALIZED ESTIMATING EQUATION (GEE) DALAM MENGANALISIS PENYEBAB GANGGUAN ATM,” 2018.

U. Achlison and B. Suhartono, “Analisis Hasil Ukur Sensor Load Cell untuk Penimbang Berat Beras , Paket dan Buah berbasis Arduino,” vol. 13, no. 1, pp. 96–101, 2020.

R. Yanis, D. J. Mamahit, R. U. A. Sherwin, and J. T. Elektro-ft, “Perancangan Catu Daya Berbasis Up-Down Binary Counter Dengan 32 Keluaran,” E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2017.

UIN Alauddin Makassar, “Penerapan Rfid ( Radio Frequency Identification ) Di Perpustakaan : Kelebihan Dan Kekurangannya,” Penerapan RFID (Radio Freq. Identification) di Perpust. Kelebihan dan Kekurangan, vol. 2, no. 1, pp. 71–79, 2018.

D. Setiawan, “Sistem Peringatan Pada Pengendara Yang Berpapasan Ditikungan Tajam Berbasis Mikrokontroller,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 1, p. 11, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i1.98.

A. Febtriko, “SISTEM KONTROL PERTERNAKAN IKAN DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER BERBASIS ANDROID,” vol. 2, no. 1, pp. 21–31, 2017.

Sarmidi and Sidik Ibnu Rahmat, “Sistem Peringatan Dini Banjir Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Uno,” J. Manaj. dan Tek. Inform., vol. 02, no. 01, pp. 181–190, 2018.




DOI: https://doi.org/10.53513/jursik.v1i6.6735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.