Rancang Bangun Alat Pelacak Kendaraan Roda Dua Dengan Teknik Duplex Berbasis Arduino Uno

Authors

  • Mhd Ghozali STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursik.v3i1.6522

Abstract

Sistem pemosisi global atau gps adalah suatu alat yang dapat mengetahui titik kordinat dari suatu objek melalui satelit yang dipancarkan dari atas atmosfer bumi, gps sangat diperlukan diberbagai banyak sector seperti militer dan perusahaan-perusahaan yang ingin mengetahui titik kordinat dari sebuah objek, tak jarang sekarang gps banyak digunakan di dalam alat alat elektronik seperti smartphone drone dan lain lainnya. . Dengan bantuan dari aplikasi google maps yang ada di android maupun ios kita dapat mencari kordinat yang telah didapat dari alat gps tersebut dalam bentuk grapis, modul gsm adalah suatu alat yang dapat mengirimkan pesan dengan teknologi elektromagnetik dengan jarak yang jauh dengan bantuan bts. Dalam pernacangan alat pelacak kendaraan roda dua ini, modul gsm berfungsi untuk mengirimkan pesan sms berupa titik kordinat yang didapat melalui pembacaan sensor gps kepada pengguna dengan menggunakan teknik half duplex.

Author Biographies

Mhd Ghozali, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Saniman Saniman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

Sisitem Komputer

References

R. Hermawan and A. Abdurrohman, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS PADA ALARM SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN NodeMcu LoLiN V3 DAN MEDIA TELEGRAM,†Infotronik : Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, vol. 5, no. 2, p. 58, 2020, doi: 10.32897/infotronik.2020.5.2.453.

R. Khairani and Y. Ariesa, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kriminalitas Sumatera Utara (Pendekatan Ekonomi),†Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan PUBLIK, vol. 4, no. 2, pp. 99–110, 2019.

“3 Studi Perbandingan Penentuan Posisi Geografis Berdasarkanâ€.

M. Gowda, J. Manweiler, A. Dhekne, R. R. Choudhury, and J. D. Weisz, “Tracking drone orientation with multiple GPS receivers,†in Proceedings of the Annual International Conference on Mobile Computing and Networking, MOBICOM, Oct. 2016, vol. 0, no. 1, pp. 280–293. doi: 10.1145/2973750.2973768.

R. Hamdani, I. Heni Puspita, and B. R. Dedy Wildan, “PEMBUATAN SISTEM PENGAMANAN KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID),†2019.

R. Hamdani, I. H. Puspita, and B. D. R. W. Wildan, “Pembuatan Sistem Pengamanan Kendaraan Bermotor Berbasis Radio Frequency Identification ( Rfid ),†Indept, vol. 8, no. 2, pp. 56–63, 2019.

J. Coding, S. Komputer Untan, D. Pangestu, A. Muid, U. Ristian, and J. H. Hadari Nawawi, “Program Studi Rekayasa Sistem Komputer, Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura.â€

A. Juansyah, “Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED-GLOBAL POSITIONING SYSTEM (A-GPS) DENGAN PLATFORM ANDROID,†2015.

R. D. Risanty and D. L. Arianto, “RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN LISTRIK RUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN ATMEGA 328 DAN SMS GATEWAY SEBAGAI MEDIA INFORMASI.â€

F. P. Sihotang and S. Jumeilah, “Pengembangan SMS Gateway Layanan Informasi Akademik di STMIK GI MDP,†2017. [Online]. Available: http://jurnal.iaii.or.id

R. Nurmalina, J. A. Yani Km, T. Laut, and K. Selatan, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),†2017.

Downloads

Published

2024-01-30