Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Telegram Berbasis Nodemcu

Authors

  • Simponi Gulo STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursik.v1i4.5579

Abstract

Keamanan merupakan suatu aspek yang penting dalam kehidupan, terutama keamanan pada rumah tempat tinggal. Semua orang pasti menginginkan rumah yang aman dari segala tindak kejahatan. Rumah bukan hanya berfungsi sebagai tempat berteduh dan beristirahat, namun di dalamnya pasti tersimpan barang-barang yang berharga. Oleh karena itu keamanan rumah menjadi salah satu tantangan bagi pemilik rumah. Karena mobilitas manusia yang semakin cepat akibat dari aktifitas yang dilakukan pada era globalisasi sekarang ini menjadikan mereka memerlukan sebuah teknologi keamanan yang mempunyai ciri mobile technology. Contoh dari mobile technology ialah ditemukannya teknologi smartphone yang sesuai dengan kebutuhan manusia, yaitu mampu berkomunikasi jarak jauh dimanapun mereka berada salah satunya adalah melalui aplikasi telegram. Telegram adalah aplikasi pesan instan berbasis cloud yang fokus pada kecepatan dan keamanan. Telegram dirancang untuk memudahkan pengguna saling berkirim pesan teks, audio, video, gambar dan sticker dengan aman. Dengan adanya sistem keamanan yang bisa diakses menggunakan aplikasi telegram pada smartphone dapat membantu pemilik rumah menjaga keamanan rumahnya serta dapat dipantau dari jarak jauh karena menggunakan komunikasi internet yang memanfaatkan konsep Internet of Things (IOT).

Author Biographies

Simponi Gulo, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Haribu Tempongbuka Dkk. Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Sensor PIR (Passive Infrared) Dan SMS Sebagai Notifikasi. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer Vol. 4 No. 6 (2015).

Fransiskus Panca Juniawan1 & Dwi Yuny Sylfania. PROTOTIPE SISTEM KEAMANAN RUMAH MENGGUNAKAN KOMBINASI SENSOR DAN SMS GATEWAY. Jurnal TEKNOINFO, Vol. 13, No. 2, 2019.

Rina Latuconsina , L. H. Laisina , Ari Permana L. Pemanfaatan Sensor PIR (Passive Infrared Receiver) dan Mikrokontroler Atmega 16 Untuk Efisiensi Pemakaian Air Wudhu, Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT) , Vol. 02, No.02, Juli 2017.

Desmira Dkk. PENERAPAN SENSOR PASSIVE INFRARED (PIR) PADA PINTU OTOMATIS DI PT LG ELECTRONIC INDONESIA. Jurnal PROSISKO Vol. 7 No. 1 Maret 2020.

Fadhlan Fakhrul Iman. Purwarupa Smart Door Lock Menggunakan Multi Sensor Berbasis Sistem Arduino. Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro Universitas Teknologi Yogyakarta.

Yoyon Efendi. INTERNET OF THINGS (IOT) SISTEM PENGENDALIAN LAMPU MENGGUNAKAN RASPBERRY PI BERBASIS MOBILE. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. 4, No. 1, April 2018.

Dias Prihatmoko. PENERAPAN INTERNET OF THINGS ( IoT ) DALAM PEMBELAJARAN DI UNISNU JEPARA. Jurnal SIMETRIS, Vol 7 No 2 November 2016.

David Setiadi dan Muhamad Nurdin Abdul Muhaemin. PENERAPAN INTERNET OF THINGS (IoT) PADA SISTEM MONITORING IRIGASI (SMART IRIGASI). Jurnal Infotronik Volume 3, No. 2, Desember 2018.

Septian Prastyo Aji. ALAT MONITORING TETESAN INFUS MENGGUNAKAN WEB SECARA ONLINE BERBASIS ESP8266 DENGAN PEMROGRAMAN ARDUINO IDE.. Jurnal Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY.

Nurul Hidayati Lusita Dewi, Mimin F. Rohmah, Soffa Zahara. PROTOTYPE SMART HOME DENGAN MODUL NODEMCU ESP8266 BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT. Jurnal Teknik Informatika Universitas Islam Majapahit.

Downloads

Published

2022-07-28