Implementasi Teknik Counter Pada Sistem Cut of Charger Handphone Berbasis Arduino

Authors

  • Egi Dirga Sebayang STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursik.v1i3.5420

Abstract

Handphone (ponsel genggam) yang lebih dikenal dengan smartphone telah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Seperti kebanyakan alat elektronik lainnya, smartphone juga membutuhkan energi listrik untuk beroperasi. Energi listrik tersebut didapat dari baterai yang digunakan oleh smartphone dan bersifat tidak continue, sehingga harus mengisi kembali baterai smartphone dengan menggunakan charger. Namun saat ini masih sedikit sekali tempat-tempat umum yang menyediakan layanan untuk orang-orang dapat mengisi battery handphone-nya. Hal ini dapat diatasi dengan membuat tempat-tempat yang menyediakan pengisian battery handphone. Namun di tempat-tempat yang menyediakan pengisian battery handphone sering sekali orang antri untuk menggunakan tempat pengisiian battery karena terbatasnya tempat yang disediakan. Sehingga membuat kesulitan sesorang yang sedang membutuhkan sekali pengisian daya battery handphone-nya dan sedang berada di luar rumah atau di tempat umum. Hal ini tentu dapat diatasi dengan menyediakan tempat-tempat yang dapat digunakan untuk melakukan pengisian battery handphone. Dengan memanfaatkan E-KTP yang menjadi media aksesnya dan menerapkan konsep cut of charger serta teknik counter untuk membantu seseorang melakukan pengisian battery handphone dengan menggunakan timer.

Author Biographies

Egi Dirga Sebayang, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

RUSDIANTO GUNAWAN. PPERANCANGAN ALAT DAN SISTEM SMART CHARGER PADA SMARTPHONE MENGGUNAKAN ARDUINO. SKRIPSI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR.

Mohammad Wahyu Habibulloh dan Kurnia Paranita Kartika. RANCANG BANGUN CHARGER OTOMATIS PENGONTROL DAYA DAN WAKTU BERBASIS ARDUINO UNO. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol. 12 No. 1 Mei 2019

Eko Saputro dan Hari Wibawanto. Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis Menggunakan E-KTP Berbasis Mikrokontroler Atmega328, Jurnal Teknik Elektro Vol. 8 No. 1 2 Januari - Juni 2016

HENDI HANDIAN RACHMAT, GILBERT ALLEGRO HUTABARAT. Pemanfaatan Sistem RFID sebagai Pembatas Akses Ruangan. Jurnal ELKOMIKA © Teknik Elektro Itenas | No.1 | Vol. 2

Febri Zahro Aska Dkk. IMPLEMENTASI RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) SEBAGAI OTOMASI PADA SMART HOME. Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas, Padang.

Ida Bagus Dwijaya Kesuma Dkk. RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMAN BERBASIS ARDUINO UNO. E-Journal SPEKTRUM Vol. 3, No. 2 Desember 2016.

PRIO HANDOKO. SISTEM KENDALI PERANGKAT ELEKTRONIKA MONOLITIK BERBASIS ARDUINO UNO R3. Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta , 1-2 November 2017.

Jaka Prayudha, Dicky Nofriansyah, dan Muhammad Ikhsan. OTOMATISASI PENDETEKSI JARAK AMAN DAN INTENSITAS CAHAYA DALAM MENONTON TELEVISI DENGAN METODE PERBANDINGAN DIAGONAL LAYAR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535. Jurnal SAINTIKOM Vol. 13, No. 3, September 2014.

Hendra S. Weku, Dr.Eng Vecky C. Poekoel, ST., MT.,Reynold F. Robot, ST.,M.Eng. Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Mikrokontroler. E-journal Teknik Elektro dan Komputer vol. 5 no. 7 (2015).

Nanda Syaputra. Modul Relay. nandasyaputra.id/2017/04/modul- relay.htmlApril 2017.

Downloads

Published

2022-05-31