Sistem Pembayaran Non Tunai Dengan Memanfaatkan E-KTP Menggunakan Teknik Simplex Berbasis Arduino

Authors

  • Jimmy Satria Simanjuntak STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursik.v1i2.5144

Abstract

E-KTP merupakan sistem kependudukan terbaru yang sudah diterapkan oleh pemerintah.  Salah satu pengaplikasian yang dikembangkan dari penggunaan E-KTP adalah dalam hal pembayaran elektronik. Selain kemudahan dalam bertransaksi, sistem pembayaran elektronik juga menawarkan keringanan biaya transaksi. Penggunaan sistem pembayaran berbasis E-KTP memiliki waktu yang cukup singkat dalam proses pembayaran, ini artinya bahwa sistem pembayaran berbasis E-KTP berhasil mempersingkat waktu pembayaran, dengan sistem ini juga memudahkan pelanggan didalam melakukan pembayaran, pelanggan tidak perlu membawa uang dalam berbelanja hanya perlu membawa kartu E-KTP, selain itu E-KTP reader juga dapat mendeteksi tag meskipun dalam kondisi non line of sight, sehingga pelanggan yang meletakan kartu E-KTP di dalam dompet tidak perlu mengeluarkan kartu E-KTP dari dalam dompet. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah sistem untuk melakukan pembayaran non tunai menggunakan E-KTP, sistem akan dilengkapi dengan database dimana setiap data berupa ID pengguna dan saldo untuk pembayaran akan tersimpan didalam sistem. Sehingga dalam penggunaannya sebagai media pembayaran, pemilik E-KTP hanya perlu melakukan scan pada RFID reader dan kemudian penjual memasukkan nilai transaksi maka saldo pada E-KTP akan otomatis berkurang sesuai jumlah transaksi yang dimasukkan.

Author Biographies

Jimmy Satria Simanjuntak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Jufri Halim, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Percontohan. MIMBAR, Vol. XXVII, No. 2 (Desember 2011).

disdukcapil.banjarmasinkota.go.id. E-KTP, Pengertian e-KTP. ASN Banjarmasin(2013, jul.31).

Hidajanto Djamal. Radio Frequency Identification (RFID) Dan Aplikasinya, Jurnal T E S L A VOL. 16 NO. 1 MARET 2014.

Hendi Handian & Gilbert Allegro. Pemanfaatan Sistem RFID sebagai Pembatas Akses Ruangan. Jurnal ELKOMIKA. Jurnal ELKOMIKA Vol. 2, No. 1, 2014.

Febri Zahro Dkk. IMPLEMENTASI RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) SEBAGAI OTOMASI PADA SMART HOME. Jurnal Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas, Padang.

Downloads

Published

2022-04-06