Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Banking Sumut Menggunakan Metode TAM

Authors

  • Umar Mari Adong Harahap
  • Isropil Pohan
  • Saidi Ramadan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v7i2.9933

Keywords:

Metode TAM, Kepuasan, M-banking

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang tidak bisa lepas dari transaksi. sebelumnya seseorang cukup puas bertransaksi di ATM. Namun kepuasan tersebut cepat hilang, karena bertransaksi di ATM tidak jauh berbeda dengan datang langsung ke bank, bahkan terkadang nasabah harus menunggu giliran. Di sisi lain, tingginya kriminalitas menciptakan kebutuhan masyarakat akan keamanan dan kepraktisan dalam segala hal, sehingga dunia perbankan menawarkan solusi  dengan mengembangkan jaringan layanan atau mobile banking, sehingga membuat masyarakat lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan nasabah terhadap aplikasi M-banking Sumut. Mobile banking Sumut adalah layanan aplikasi yang ditawarkan oleh Bank Sumut yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai kegiatan perbankan hanya menggunakan smartphone. Oleh karena itu untuk menganalisis tingkat kepuasan nasabah peneliti dapat menggunakan metode TAM, TAM dikembangkan oleh Davis (1989) dan memberikan teori dasar untuk mempelajari dan memahami perilaku pengguna dalam konteks penerimaan dan penggunaan sistem informasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Google Form dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna M-banking Sumut dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Kemudahan Pemakaian (Perceived ease of use) memiliki persentase 80%, indikator Persepsi Terhadap Kemanfaatan (Perceived Usefulness) dengan hasil presentase sejumlah 79%, selanjutnya pada indikator Persepsi Minat Perilaku (Behavioral Intention To Use) diperoleh presentase sebesar 80%. Berdasarkan analisis deskriptif yang telah dilakukan bahwa pengguna aplikasi M-banking Sumut sudah memenuhi standart kepuasan.

References

N. Nurdin, I. Musyawarah, N. Nurfitriani, and A. Jalil, “Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu),” J. Ilmu Perbank. dan Keuang. Syariah, vol. 2, no. 1, pp. 87–104, 2020, doi: 10.24239/jipsya.v2i1.24.87-104.

M. Saleh, A. Sinaga, and S.-J. Mahmudiyah, “JEKSya Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah,” vol. 2, no. 1, pp. 285–297, 2023.

A. Nugraha, “Analisis Pemanfaatan Financial Teknologi ( BTN Mobile ) Pada Bank BTN Syariah ( Bank BTN KC Syariah Medan ),” no. 1, 2024.

R. Nurdini and K. Kosasih, “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam pengambilan keputusan pinjaman KUR,” Akuntabel, vol. 19, no. 2, pp. 430–438, 2022, doi: 10.30872/jakt.v19i2.10907.

R. Y. Aritonang, I. N. Afifah, and Nurlinda, “Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan M-Banking Pada Pt Bank Sumut Kc Kisaran,” Pros. Konf. Nas. Soc. Eng. Polmed, vol. 2, no. 1, pp. 450–458, 2021, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/358346582

B. A. Stefany, F. M. Wibowo, and C. Wiguna, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM),” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 172–184, 2021, doi: 10.33557/journalisi.v3i1.107.

A. Lattu, Sihabuddin, and W. Jatmika, “a Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penggunaan E-Learning Dengan Metode Tam Dan Eucs,” J. Ris. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 39–50, 2022, doi: 10.52005/jursistekni.v4i1.115.

Fitratul Aini, Fitriani Muttakin, Tengku Khairil Ahsyar, and Eki Saputra, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode TAM dan EUCS,” J. Sist. Cerdas, vol. 6, no. 1, pp. 65–76, 2023, doi: 10.37396/jsc.v6i1.288.

R. Sholihah and A. D. Indriyanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 3, no. 3, pp. 102–109, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47236/39485

T. Hidayat and D. S. Canta, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Tokopedia dengan Menggunakan Metode TAM,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, p. 472, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4088.

N. Nurhalima and E. L. Hadisaputro, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Traveloka dengan Menerapkan Metode TAM,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 466–471, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1778.

T. L. T. Chairunnisa, E. Rosmika, and A. Azulaidin, “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi SiBisa dengan Pendekatan TAM,” Ekon. Keuangan, Investasi dan Syariah, vol. 3, no. 2, pp. 174–180, 2021, doi: 10.47065/ekuitas.v3i2.1117.

V. C. Monarike and D. Krisbiantoro, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Zoom Cloud Meeeting Menggunakan Model Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam),” J. Inf. Syst. Manag., vol. 4, no. 1, pp. 8–15, 2022, doi: 10.24076/joism.2022v4i1.741.

K. A. Ayuningtyas, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank Mandiri Cabang Alam Sutera Tangerang),” J. Manaj., vol. 11, no. 1, pp. 63–76, 2021, doi: 10.30656/jm.v11i1.3032.

Sambodo Rio Sasongko, “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 3, no. 1, pp. 104–114, 2021, doi: 10.31933/jimt.v3i1.707.

M. P. I. Antonov, F. Z. Hassan, and N. Nurisnaini, “Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah,” J. Inform. Kesatuan, vol. 2, no. 2, pp. 189–198, 2022, doi: 10.37641/jikes.v2i2.1458.

D. M. Sari, M. I. Fasa, and S. Suharto, “Manfaat Dan Risiko Penggunaan Layanan Perbankan Melalui Aplikasi Mobile Banking,” Al-Infaq J. Ekon. Islam, vol. 12, no. 2, p. 170, 2021, doi: 10.32507/ajei.v12i2.892.

Z. Niqotaini, “SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Analisis Penerimaan Google Classroom Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Sistemasi:, vol. 10, no. 3, pp. 637–661, 2021, [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

M. Musdalifah and E. L. Hadisaputro, “Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Dana,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 72–78, 2022, doi: 10.47065/josyc.v4i1.2493.

S. R. Hartatik and C. Budihartanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Go-jek Dengan Menggunakan Metode TAM,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.30656/prosisko.v7i1.1653.

Downloads

Published

2024-07-30