Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Program Kampus Mengajar Dengan Metode SAW

Authors

  • Iswanto Sembiring Universitas Mandiri Bina Prestasi
  • Lismardiana Sembiring Universitas Mandiri Bina Prestasi
  • Iyusni Wandira Universitas Mandiri Bina Prestasi

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v7i1.9576

Keywords:

literasi, numerasi, SAW

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah menyelenggarakan program kampus mengajar dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Tingkat kemampuan literasi numerasi siswa pada SMP Swasta Yaspenhan 1 Medan Labuhan berkisar 60% yang diperoleh dari nilai rata-rata raport sebagai acuan dan dilakukan secara manual.Dalam melakukan penelitian kemampuan literasi numerasi siswa penulis menggunakan metode Simple Addtivie Weighting kriteria yang digunakan penulis yaitu sikap, pretes literasi, pretes numerasi, postes literasi, postes numerasi dan rata-rata raport. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan kemampuan literasi numerasi siswa semakin meningkat berkisar 87% dari seluruh jumlah 300 siswa. Sehingga dapat diambil kesimpulan kemampauan literasi numerasi siswa dengan menerapkan metode SAW  berhasil mendapatkan informasi yang akurat dan dapat dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa SMP Swasta Yaspenhan 1 Medan Labuhan

Author Biographies

Iswanto Sembiring, Universitas Mandiri Bina Prestasi

Teknik Informatika

Lismardiana Sembiring, Universitas Mandiri Bina Prestasi

Teknik Informatika

Iyusni Wandira, Universitas Mandiri Bina Prestasi

Teknik Informatika

References

A. E. L. Kaka, D. Ate, and S. R. M. Making, “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP N.1 Kota Tambolaka,†J. Penelit. Pendidik. Mat. Sumba, vol. 3, no. 2, pp. 88–96, 2021, [Online]. Available: https://jurnalstkip weetebula.ac.id/index.php/jppms/article/view/282

Kemendikbud, “Desain Induk Literasi Sekolah,†p. 76, 2016.

F. Fajar., Yulia., dan, Imran, “Global Science Education Journal,†Glob. Sci. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 15–21, 2021.

Allinda Hamidah, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar,†J. Cendekia, vol. 10, no. 02, pp. 157–162, 2018, doi: 10.37850/cendekia.v10i02.70.

F. S. Putri, “Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Multimedia Guna Meningkatkan Minat Literasi Dan Numerasi Belajar Online Peserta Didik Sekolah Dasar,†J. Pendidik., vol. 22, no. 2, pp. 155–161, 2022, doi: 10.52850/jpn.v22i2.3918.

A. Ramdhani, S. R. Kesuma, T. Haryanti, and L. Kurniawati, “Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Penerapan Metode Simple Additive Weighting untuk Penentuan Siswa Terbaik Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 6, no. 1, pp. 146–156, 2023.

K. Khairunnisa, “Optimalisasi Penentuan Kriteria Siswa Kelas Unggul dengan Metode Simple Additive Weighting,†J. Res. Investig. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 18–24, 2023, doi: 10.37034/residu.v1i1.9.

D. H. Riani, R. Ruliah, and ..., “Penilaian Lomba Bank Sampah Award Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,†… dan Sist. Inf., 2016, [Online]. Available: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/105

A. E. Wijaya and D. Marwan, “Sistem Penentu Penilaian Siswa pada Kurikulum 2013 Menggunakan Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus SDN Darmaga V Subang),†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 121–131, 2016, doi: 10.28932/jutisi.v2i2.436.

J. B. Rachmadi, E. Santoso, and N. Yudistira, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Siswa Kelas Unggulan menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP) (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Taman, Sidoarjo),†vol. 4, no. 9, p. 2971, 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

D. Kurniawati, F. N. Lenti, and R. W. Nugroho, “Implementation of AHP and SAW Methods for Optimization of Decision Recommendations,†J. Int. Conf. Proc., vol. 4, no. 1, pp. 254–265, 2021, doi: 10.32535/jicp.v4i1.1152.

Rafika Sari et al., “Adaptasi Teknologi Untuk Meningkatkan Penguatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Aplikasi AKM-Kelas Berbasis Desktop dan Android,†AMMA J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 10, pp. 1283–1291, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/download/1249/613

Downloads

Additional Files

Published

2024-01-30