Pemilihan Media Sosial Untuk Promosi Penjualan Terhadap Onlineshop Pada Vyemonshop
DOI:
https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8763Abstract
Berbelanja secara online saat ini sudah menjadi trend modern yang diminati oleh sebagian besar masyarakat, karena mampu menarik dan menggoda bagi setiap masyarakat. Banyaknya persaingan didunia bisnis khususnya dalam dunia electronic commerce (E-Commerce), Menuntut Vyemonshop untuk menemukan strategi yang meningkatkan jumlah penjualan dan income, terutama dalam hal pemilihan media sosial yang tepat dalam membantu meningkatkan promosi penjualan di Vyemonshop. Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan proses menentukan media sosial untuk promosi penjualan, dengan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan menggunakan metode Fuzzy Associative Memory (FAM) pada toko online Vyemonshop. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem pendukung keputusan berbasis dekstop dengan menerapkan metode Fuzzy Associative Memory (FAM) untuk menentukan media sosial terbaik untuk promosi penjualan pada Vyemonshop. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat menentukan media sosial untuk promosi penjualan secara sistematis dengan metode Fuzzy Associative Memory (FAM), sehingga toko online Vyemonshop dapat mengoptimalkan promosi penjualan.Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Associative Memory (FAM), Media Sosial, Promosi Penjualan, VyemonshopReferences
B. A. B. Ii and a. D. Pustaka, “pengertian toko online,†pp. 13–54, 2012.
A. R. I. W. Windiarti, p. S. Akuntansi, f. Ekonomi, d. A. N. Bisnis, and u. M. Buana, “e-commerce : pasar digital dan barang digital dosen pengampu : yananto mihadi putra , se , m . Si,†no. 43219110144, 2020.
A. Gide, “komp,†angew. Chemie int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 5–24, 2015.
J. Hutagalung, “Application of the AHP-TOPSIS Method to Determine the Feasibility of Fund Loans Penerapan Metode AHP TOPSIS untuk Menentukan Kelayakan Pinjaman Dana,†J. Pekommas, vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2021, doi: 10.30818/jpkm.2021.2060101.
J. Hutahaean and J. Hutagalung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Teknisi Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, pp. 846–856, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4519.
A. S. Badrul Anwar, Ismawardi Santoso, Saiful Nurarif , Juniar Hutagalung, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Siswa Menggunakan Fuzzy Assosiative Memory,†SAINTIKOM ( J. Sains Manaj. Inform. dan Komput. ), vol. 22, pp. 43–49, 2023.
S. Yakub, A. Azanuddin, dan J. Prayudha, “Implemetnasi Metode Fuzzy Associative Memory Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelayanan Di Perpustakaan,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 7, no. 1, hal. 62, 2022, doi: 10.30645/ jurasik.v7i1.416.
p. Dwiyono, “representasi maskulinitas dalam media sosial (analisis semiotika pada akun instagram @dailymanly),†univ. Muhammadiyah malang, vol. 51, no. 1, p. 51, 2018,
h. Pratiwi, “tujuan dan karakteristik spk,†res. Gate, no. May, pp. 6–8, 2020.
A. L. Sihombing, R. I. Ginting, and A. Alhafiz, “Sistem Pendukung Keputusan Menganalisa Kepuasan Penyewa Indekos Dengan Metode Fuzzy Assosiative Memory,†J. Sist. Inf. TGD, vol. 2, no. 1, pp. 138–147, 2023.
T. Tugiono, M. K. Situmorang, and a. Azlan, “implementasi fuzzy associative memory (fam) dalam sistem pendukung keputusan untuk penentuan kepuasan pasien bpjs kesehatan terhadap pelayanan (rsu) martha friska multatuli medan,†j-sisko tech (jurnal teknol. Sist. Inf. Dan sist. Komput. Tgd), vol. 3, no. 1, p. 70, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.197.
Marsono, “j-sisko tech jurnal teknologi sistem informasi dan sistem komputer tgd sistem pendukung keputusan menentukan barang ng (not good) di pt.sagami indonesia dengan menggunakan metode fuzzy assosiative memory (fam),†ï®, vol. 71, no. 2, pp. 71–80, 2019.
M. Dahria, S. N. Arief, I. Santoso, and R. Kustini, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Customer Terhadap Pelayanan Jasa Kebersihan Di Pt. SAS MenggunakanMetode Fuzzy Asosiative Memory,†J- SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD) , vol. 3, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.237