Rancang Bangun Pump Automatic Untuk Mengatasi Bencana Banjir Menggunakan Teknik Pulse Width Modulation (PWM) Berbasis Arduino (Pada Kasus Jalan Tergenang Air)

Authors

  • Ahmad Sinyo Andika Nasution Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Kiki Artika Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Iqbal Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8500

Abstract

Banjir merupakan permasalahan, di mana salah satu hal yang dapat menimbulkan genangan air pada jalan adalah drainase yang kurang baik dalam menampung debit air hujan yang sangat deras. Sehingga menimbulkan banjir sampai meluap naik ke jalan. Meluapnya air drainase, salah satu penyebabnya yaitu karna budaya masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan yang dalam hal ini membuang sampah ke sungai dan aliran drainase lainnya. Untuk itu solusi dalam membantu menyelesaikan suatu masalah tersebut dirancanglah suatu sistem Pump Automatic untuk mengatasi bencana banjir menggunakan teknik Pulse Width Modulation (pwm) berbasis arduino dengan serta sensor ultrasonik sebagai komponen inputan yang bekerja mendeteksi ketinggian genangan air pada jalanan yang tergenang air. Dengan begitu pump sedot yang akan menyalurkan air yang tergenang ke area pembuangan agar meminimalisir terjadinya genangan air pada jalanan. Dengan dirancangnya suatu Pump Automatic untuk mengatasi bencana banjir ini diharapkan dapat membantu dalam proses mengatasi terjadinya genangan air yang terlalu lama pada jalanan sehingga menjadikan jalanan tidak terhambat dikarenakan terdapatnya genangan air tersebut.

References

SAMSUGI, Selamet; YUSUF, Achmad Irvandi; TRISNAWATI, Fika. Sistem Pengaman Pintu Otomatis Dengan Mikrokontroler Arduino Dan Module Rf Remote. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali Dan Listrik, 2020, 1.1: 1-6.

WIGUNA, Agung Rizki. Analisis Cara Kerja Sensor Ultrasonic Dan Motor Servo Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Untuk Pengusir Hama Disawah. OSF PREPR, 2020.

RISDIANDI, Rahmat. Analisis Cara Kerja Sensor Ultrasonik Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Untuk Merancang Alat Deteksi Banjir Secara Otomatis. OSF Preprints. January, 2021, 2.

Nugraha, M. T., & Ghani, F. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Vane Pump Power Steering (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Ujung Pandang).

Muhammad Ihsan, Anhari Syahputra, Rasyid Imam Ghani, Ridho Fikrian Siddiq, Rizki Syah Ramadhani, Drs. Dahlan Sitompul, M.Eng M. Adrinta A, "Sensor," Sensor dan Pengaplikasiannya, p. 1, 2017.

Samrasyid, "Pengertian sensor ultrasonik," Pengertian sensor jarak ultrasonik, Agustus 2019.

D Sharon, "TEORI SENSOR DAN KARAKTERISTIK SENSOR ELEKTRONIKA," ELEKTRO, KOMPONEN ELEKTRONIK, SENSOR, 1982.

Manullang, R. (2017). Mudah Membuat Desain 3D dengan Google SketchUp. Elex Media Komputindo.

Muhammad Syahwil, Panduan Mudah Simulasi & Praktek Mikrokontroler Arduino.: Andi, 2014.[1]

S. Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Pada Toko Tanaman Hias Yopi Rahmat Tullah and A. Hendra Setyawan, “Dosen STMIK Bina Sarana Global, 3 Mahasiswa STMIK Bina Sarana Global,†J. Sisfotek Glob., vol. 9, no. 1, pp. 2088–1762, 2019.

M. Nafi’ah, A. Pitoyo, and S. Agan, “Plagiarism Checker X Originality Report Similarity Found: 10%,†2022.

F. B. Lubis and A. Yanie, “Implementasi Pulse Width Modulation (PWM) pada Penyaluran Limbah Cair Pupuk Kelapa Sawit Berbasis Arduino,†J. Electr. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 39–46, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/5394%0Ahttps://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/download/5394/3930

Downloads

Published

2023-07-20