Pemanfaatan Bandwith Yang Tidak Terpakai Menggunakan Radius Server Dan Mikrotik Server Dengan Manajemen PCQ Pada Universitas Prima Indonesia

Authors

  • Yonata Laia Universitas Prima Indonesia Medan
  • Marlince NK Nababan Universitas Prima Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v2i1.84

Keywords:

Internet, Sms Server, Bandwidth, Off-time, Radius Server, PCQ

Abstract

Pada penelitian ini membahas bagaimana memanfaatkan bandwidth yang tidak terpakai pada saat hari libur, dimana saat ini hampir seluruh kantor menggunakan internet dan selalu membayar penuh tiap bulannnya ke provider walaupun hari libur. Dalam hal ini Peneliti mencoba memanfaatkan bandwidth pada Universitas Prima Indonesia pada saat hari libur kantor, yang dimana kantor selalu membayar penuh tiap bulannya untuk koneksi Internet. Jadi ketika kantor libur  banyak bandwidth yang tersedia, sehingga penulis mencoba memanfaatkan bandwith tersebut pada waktu hari libur untuk digunakan masyarakat dengan menggunakan link koneksi radio dan menggunakan server radius sebagai manajemen pengguna serta sms server untuk mengirim user dan password kepada user yang ingin menikmati koneksi internet gratis, dan peneliti mengusulkan sebuah metode Per Connection Queue (PCQ)  untuk mengoptimalkan pemakaian internet, dikarenakan dengan menggukan metode Queue ini dengan metode Per Connection Queue dapat memakai internet dengan merata

References

Daryanto, 2010, Teknik Jaringan Komputer. Alfabeta, Bandung. 168 halaman

Hidayat, Anang, 2007, Strategi Six Sigma, Elex Media Komputindo, Jakarta, 256 Halaman

Imam, Riadi.2010.Optimasi Bandwidth Menggunakan Traffic Shapping, Jakarta.

Jogjapress Mujahidin, Tafaul, 2011. Bandwidth Dengan Menerapkan Metode Per Connection Queue. Udinus 8.

Mutiara, Giva Andriana, ST. MT., Surya Kencana P, Mohamad Idham Iskandar, ST. (2012). Implementasi Algoritma Per Connection Queue (PCQ) Dalam Algoritma Hierarchical Token Bucket (HTB) Untuk Pembagian Bandwidth Pada Warnet Khelambiqunet. Politeknik Telkom Bandung.

R. Tornero, J. M. Orduña, A. Mejia, J. Flich, J. Duato.2010. ACommunication - Driven Routing Technique for Application-Specific NoCs. International Journal of Parallel Programming: pp 357-374 Prentise Hall.

Riza, T. A., Eryzebuan, Y. S., & Ahmad, U. A. (2010). Implementasi Manajemen Trafik dan Bandwidth Internet dengan IPCop. INKOM Vol. IV No. 1, 22-28.

Shafinah,Kamarudin & Mohammad Mohd Ikram.2011. File Security based on Pretty Good Privacy

Silitonga, P., & Morina, I. S. (2014). Analisis QoS (Quality of Service) Jaringan Kampus dengan Menggunakan Mikrotik Routerboard (Studi Kasus: Falkultas Ilmu Komputer Unika Santo Thomas S.U). Jurnal TImes, , III(2), 19-24.

Sofana, I. 2008. Membangun Jaringan Komputer. B andung : Informatika Bandung

Downloads

Published

2019-01-08