Aplikasi Game Edukasi Tematik Pada Siswa Berbasis Android

Authors

  • Agus Suryadi Universitas Ibnu Sina, Batam
  • Hilda Herasmus Universitas Ibnu Sina, Batam
  • Eka Lia Febrianti Universitas Universal, Batam
  • Tika Christy STMIK Royal

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8353

Keywords:

Android, Game Edukasi, GDLC, Pembelajaran Tematik

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran tematik terdapat beberapa para siswa yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran ini ditambahnya dengan pembelajaran daring yang membuat para siswa kecanduan bermain game di handphone daripada belajar. Tujuan Penelitian ini adalah membantu para siswa agar lebih memahami materi pelajaran yang telah di dapatkan di sekolah, membuat pembelajaran yang menyenangkan bagi para siswa agar prestasi siswa meningkat, meminimalisir kecenderungan para siswa terhadap game entertainment. Metode penelitian yang digunakan Game Development Life Cycle (GDLC) serta untuk pengumpulan data metode yang digunakan adalah studi pustaka, wawancara, observasi dan kuisioner. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan game edukasi tematik yang dapat membantu kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan dan lebih memahami pembelajaran tematik.  

References

R. A. Rahman and D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,†J. Algoritm., vol. 13, no. 1, pp. 184–190, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.13-1.184.

A. P. N. Erri Wahyu Puspitarini, Dian Wahyu Putra, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,†J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 1, pp. 46–58, 2016, doi: 10.37438/jimp.v1i1.7.

A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,†Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.25139/inform.v1i1.220.

D. I. Dr. Ani Kadarwati, M.Pd., PEMBELAJARAN TEMATIK: ( KONSEP DAN APLIKASI ). Cv. Ae media grafika, 2017.

R. Rejeki, M. F. Adnan, and P. S. Siregar, “Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar,†J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 337–343, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.351.

H. T. Wahyuni, P. Setyosari, and D. Kuswandi, “Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd,†Edcomtech, vol. 1, no. 2, pp. 129–136, 2016, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799

Y. S. Maharani, “Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013,†Indones. J. Curric. Educ. Technol. Stud., vol. 3, no. 1, pp. 31–40, 2015.

L. L. Dias, J. Enstein, and G. A. Manu, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,†J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 27–34, 2021, doi: 10.37792/jukanti.v4i1.233.

A. H. Sutopo, Developing Teaching Materials Based on Metaverse. Topazart, 2022.

Downloads

Published

2023-07-01