Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Penjualan Produk Pertanian Berbasis Web

Authors

  • Didi Shaldy Rahma Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8257

Keywords:

Customer Relationship Management, Website, Pertanian, Unified Modelling Language

Abstract

Di era digital saat ini penjualan produk pertanian menjadi salah satu sektor bisnis yang sudah semakin berkembang. Pelanggan sudah tidak hanya bergantung pada penjual konvensional saja, tetapi dapat memiliki akses ke penjual dari luar daerahnya. Untuk itu, penerapan dari Customer Relationship Management (CRM) memiliki peran yang sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan bersaing di kondisi pasar yang semakin ketat. Dalam konteks penjualan produk pertanian berbasis web, penerapan dari CRM dapat membantu penjual dalam memahami kebutuhan pelanggan, mengetahui informasi pelanggan, dan memberikan layanan yang terbaik. CRM juga dapat membantu dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, memperkuat hubungan dengan pelanggan, serta memperluas jangkauan pasar dengan cara mempromosikan produk yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Pada penelitian digunakan metode Unified Modeling Language untuk memberikan gambaran besar pemodelan system yang dirancang dalam bentuk prototype dengan penerapan konsep CRM yaitu untuk Mendapatkan member baru (Acquire), Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan (Enhance), dan Mempertahankan Pelanggan (Retain).

References

A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,†Komputika J. Sist. Komput., vol. 11, no. 1, pp. 102–111, Feb. 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4677.

O. : Andi, A. Asriadi, M. Pd, M. P. Sahlan, and M. Si, E-commerce For Agribussiness. 2021.

T. Al Mudzakir and A. Bakar, “Desain Dan Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Web (Studi Kasus : Toko Baju Ladya),†Systematics, vol. 2, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.35706/sys.v2i1.3444.

M. Akif, Y. A. Prasetyo, N. Ambarsari, J. Telekomunikasi, and T. Buah, “PENGEMBANGAN APLIKASI E-CRM BOJANA,†vol. 2, no. 1, pp. 1057–1070, 2015.

Irwanto, Annisa Aulia Yulianti, Arip Solehudin, Apriade Voutama, “Perancangan Pembuatan Aplikasi Rental Kendaraan Berbasis Website,†vol. 15, no. 1, pp. 1-8, 2022.

A. Yasinta Permana and A. Voutama, “Pemodelan UML Pada Sistem Penjualan Sembako Di Toko Amshop,†Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 7, no. 1, pp. 41–50, 2022.

“Sistem Informasi Customer Relationship Manajemen (CRM) Berbasis Web Pada PT. Patria Cabang Mendalo,†2023.

I. Gamayanto, “Innovation & development E-commerce-CRM in the facing of globasasi: The case study Of Tokopedia.com,†J. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 89–103, 2018, [Online]. Available: https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jusiti/issue/view/39

W. Yanto and H. Mulyono, “Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada Nada Salwa Tour & Travel Jambi,†2022.

N. Nurshadrina and A. Voutama, “Penerapan.Unified Modeling Language.(UML) Dalam Membangun Sistem Pengenalan UMKM (Studi Kasus Rafa Laundry),†Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 7, no. 1, pp. 21–30, 2022.

A. Voutama and E. Novalia, “Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas,†vol. 15, no. 1.

F. Zahra, I. Sukoco, L. Auliana, and C. Barkah, “KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM MEMBANGUN STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT,†2022.

Downloads

Published

2023-07-17