Perancangan Tampilan Antarmuka Berbasis Aplikasi Mobile Agro Tech Dengan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8252Keywords:
Aplikasi Mobile, Perancangan, Design ThinkingAbstract
Saat ini banyak petani yang berada ditengah ancaman krisis pangan, berdasarkan kondisi tersebut, disadari bahwa permasalahan yang timbul karena adanya kekurangan dalam proses distribusi yang masih konvensional. Maka dari itu dibuatlah aplikasi berbentuk mobile berupa rancangan tampilan guna memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Perancangan tampilan antarmuka yang baik menjadi faktor kunci keberhasilan aplikasi mobile tersebut. Metode Design Thinking menjadi pendekatan yang efektif untuk merancang tampilan antarmuka yang memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang tampilan antarmuka yang intuitif, mudah digunakan, dan memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan dalam aplikasi mobile Agro Tech. Metode Design Thinking digunakan sebagai kerangka kerja dalam perancangan tampilan antarmuka. Metode ini terdiri dari lima tahap dengan menggabungkan pemikiran analitis, keterampilan, dan kreatif dalam pemikiran.References
B. Prabaningrum, A. Voutama, and N. Heryana, “BERBASIS WEBSITE DALAM PENGELOLAAN LABA RUGI ( STUDI KASUS : CV GEGER HANJUANG ),†vol. 7, no. 1, pp. 671–680, 2023.
A. Voutama, “Perancangan Aplikasi M-Discussion Berbasis Android Sebagai Wadah Diskusi Sekolah,†Syntax J. Inform., vol. 7, no. 2, p. 116, 2018.
A. Z. Mubarok, Carudin, and A. Voutama, “Perancangan User Interface/User Experience Pada Aplikasi Baby Spa Berbasis Mobile Untuk User Customer Dan Terapis Menggunakan Metode User Centered Design,†J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 6368–6380, 2022.
M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, and N. Sulistiyowati, “Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,†Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 7, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.51211/imbi.v7i1.1949.
G. Dwi, P. Haryanto, and A. Voutama, “Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Penyewaan Mobil Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking,†vol. 8, no. 1, pp. 23–30, 2023.
F. Effendi, K. Andreas, C. B. Valentino, and ..., “Perancangan Antarmuka Aplikasi Monteer dengan Metode Design Thinking,†MDP Student …, pp. 384–391, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1785.
Ilham Firman Ashari and Rahmat Rizky Muharram, “Pengembangan Antarmuka Pengguna Kolepa Mobile App Menggunakan Metode Design Thinking Dan System Usability Scale,†JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 168–176, 2022, doi: 10.30656/jsii.v9i2.4993.
S. Maharani, D. P. Kynta, B. A. Fernando, M. Naufal, B. Putra, and M. R. Pribadi, “Perancangan Antarmuka Pengguna Pada Aplikasi Nimblespace Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,†Msc, pp. 313–320, 2022.
G. P. Putra, A. Purno, and W. Wibowo, “E-business designing interface " petani sejahtera " based on mobile application,†vol. 5, no. 7, pp. 3010–3022, 2023.
C. Y. Wong, C. W. Khong, and K. Chu, “Interface Design Practice and Education Towards Mobile Apps Development,†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 51, pp. 698–702, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.08.227.
Y. Yanfi and P. D. Nusantara, “UI/UX design prototype for mobile community-based course,†Procedia Comput. Sci., vol. 216, no. 2022, pp. 431–441, 2023, doi: 10.1016/j.procs.2022.12.155.
F. A. Muhammad, A. P. Kharisma, and R. S. Sianturi, “Perancangan User Experience Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Online di Masa Pandemi berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 7, pp. 3111–3121, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.