Implementasi Metode Certainty Factor Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Ayam Kampung

Authors

  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad lemsium Munthe STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.7949

Keywords:

Ayam Kampung, Penyakit, Masyarakat, Metode Certainty Factor, Sistem Pakar

Abstract

Ayam Bukan Ras atau Ayam Kampung sering dijumpai di daerah pedesaan dan hampir setiap rumah memeliharanya. Hal ini disebabkan oleh pemeliharaan ayam buras yang relatif mudah dan tidak membutuhkan modal besar, dapat menyesuaikan dengan serta dapat diusahakan oleh setiap lapisan masyarakat.. Namun, masih begitu banyak masalah dalam usaha ayam buras (ayam kampung) seperti tingkat kematian yang tinggi. Hal ini disebabkan latar belakang pemeliharaannya adalah untuk sekedar usaha sampingan dengan tujuan untuk diambil daging dan telurnya sebagai kebutuhan pangan keluarga, dan dapat dijual saat membutuhkan uang. Pada sisi lain, ayam kampung sebagai ternak yang belum mendapat sentuhan teknologi pecngembangan genetis, mempunyai beberapa kelemahan dilihat dari berbagai perspektif ekonomi, seperti kematian anak ayam yang tinggi, daya tumbuh yang lambat, dan produksi telur yang sangat rendah.Agar mempermudah dalam penyelesaian masalah untuk mendiagnosa penyakit pada ayam kampung maka dibuatlah sebuah program Sistem Pakar. Sistem Pakar membutuhkan sebuah metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan terkait mendiagnosa penyakit pada Ayam Kampung Menggunakan Metode Certainty Factor.Hasil dari Penelitian ini : Berdasarkan Permasalahan yang dibahas maka dibangunlah sebuah sistem pakar menggunakan metode Certainty Factor dalam menyelesaika masalah dalam menentukna jenis penyakit pada ayam kampung. Dari masalah-masalah yang ada, maka judul yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Gallus Domesticus  Dengan Menggunakan Metode Certainty Factorâ€.

Author Biographies

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendra Jaya, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad lemsium Munthe, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

W. P. S. Suprayogi, E. Wida, and S. Dwi, “Budidaya Ayam Kampung Intensif Melalui Program Pengembangan Usaha Inovasi Kampus,†p. 10, 2018.

R. Tullah, A. R. Mariana, and E. S. Christian, “Sistem Pakar Penyakit Ayam Negeri ( Studi Kasus di PT Kemiri Jaya Farm ),†vol. 6, no. 1, pp. 3–5, 2016.

D. Setyawati, A. B. Setiawan, and M. Kom, “Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Pada Kucing Berbasis Desktop Menggunakan Metode Certainty Factor 2018,†vol. 02, no. 05, 2018.

Dr. Ir. Muhammad Rasyaf. 2011. Beternak Ayam Kampung : Penebar Swadaya

D. B. T. AKOSO.2003. Kesehatan Unggas. Yogyakarta: KANISIUS.

A. Skripsi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Potong Menggunakan Metode Certainty Factor Dan Forward Abstrak Chainning Berbasis Web,†vol. 01, no. 05, pp. 0–8, 2017.

S. A. Putri and E. P. Saputra, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Awal Kanker Reproduksi Wanita Dengan Metode Certainty Factor,†vol. 2, no. 3, pp. 63–68, 2018.

N. I. Kurniati, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hewan Peliharaan Menggunakan Metode Certainty Factor,†vol. 4, no. April, pp. 1–16, 2018.

L. Septiana, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android,†vol. XIII, no. 2, 2016.

J. Simatupang, 1, 2, and Setiawan Sianturi, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online,†vol. 3, no. 2, 2019.

E. T. Marbun, K. Erwansyah, and J. Hutagalung, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Sist. Inf. TGD, vol. 1, no. 4, pp. 549–556, 2022.

P. S. Ramadhan, Marsono, J. Hutagalung, and Y. Sahra, “Comparison of Knowledge-Based Reasoning Methods to Measure the Effectiveness of Diagnostic Results Comparison of Knowledge-Based Reasoning Methods to Measure the Effectiveness of Diagnostic Results,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1783, no. Oct, pp. 1–8, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1783/1/012049.

Downloads

Published

2023-07-03