Penerapan Algoritma Naive Bayes Classifier Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien

Authors

  • Abdul Halim Hasugian
  • Ibnu Rusydi
  • Muthia Ramadhani North Sumatra State Islamic University Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.7813

Keywords:

Kepuasan Pasien, Klasifikasi, Naïve Bayes, Pelayanan

Abstract

Ketika seseorang merasa nyaman dan menerima apa yang mereka harapkan, mereka dikatakan puas. ketika suatu jasa yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa dapat digunakan untuk mencapai kepuasan. Pelayanan adalah suatu tindakan atau perlakuan yang dilakukan untuk membantu, menyambut, berterima kasih, memenuhi, dan membantu dalam memenuhi kebutuhan orang lain.. Menurut keterangan sebelumnya, salah satu layanan yang akan sangat penting untuk menjaga kesejahteraan dan keberlangsungan sumber daya manusia di masa depan adalah pelayanan kesehatan.Dimana dalam penelitian ini menerapkan perhitungan Naive Bayes Classifier untuk mengukur tingkat kepuasan pasien. Dalam perhitungan ini menggunakan 5 parameter dan 2 label atau kelas untuk mengukur kepuasan. Berdasarkan dari data set yang dijadikan 80 data latih dengan 20 data uji. Perhitungan pengujian akhir memanfaatkan pendekatan Naive Bayes di dapatkan tingkat akurasinya adalah 100% diikuti oleh 100% untuk presisi terakhir adalah 100% untuk recall. Kesimpulan salah satu rekomendasi untuk memprediksi tingkat kepuasan pasien adalah dengan menggunakan model pengujian seperti Algoritma Naive Bayes. 

References

A. R. Damanik, S. Sumijan, and G. W. Nurcahyo, “Prediksi Tingkat Kepuasan dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,†J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 3, no. 3, pp. 88–94, 2021.

G. N. Handayany, Kualitas Kefarmasian & Kepuasan Pasien. Malang: Media Nusa Creative, 2020.

M. N. Hasan and Romindo, BIG DATA. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2021.

M. O. Kadang, Algoritma Dan Pemrograman. Makassar: Humanities Genius, 2021.

D. Maulana and E. L. Nurjanah, “Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Penjualan Beauty Produk Pada Online Shop Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes,†J. Teknol. Pelita Bangsa, vol. 10, no. 1, pp. 32–39, 2019.

A. C. Mayasari, Hasdianah, Rohan, and S. Siyoto, Metode Penelitian Keperawatan dan Statistik. Malang: Media Nusa Creative, 2017.

Mu’ah, Kualitas Layanan Rumah Sakit terhadap emosi dan kepuasan pasien. Sidoarjo: Zifatma Jawara, 2021.

L. Muflikhah and D. E. Ratnawati, Data Mining. Malang: UB Press, 2018.

Mustika and Y. Ardilla, Data Mining dan Aplikasinya. Bandung: CV. Widina Media Utama, 2021.

A. Mutoi and A. Puspabhuana, DATA MINING Pengolahan Data Menjadi Informasi dengan RapidMiner. Sukoharjo: CV Kekata Group, 2017.

E. A. Novia, W. I. Rahayu, and C. Prianto, Sistem Perbandingan Algoritma K-Means dan Niave Bayes Untuk Memprediksi Prioritas Pembayaran Tagihan Rumah Sakit Berdasarkan Tingkat Kepentingan. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.

A. M. Siregar and A. Puspabhuana, Data Mining. CV Kekata Group, 2019.

Syofian, Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: KENCANA, 2017.

Downloads

Published

2023-07-01