Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking sebagai Media Pengenalan Bangun Ruang

Authors

  • Yoga Sahria Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Ilmira Yulfihani Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v6i1.7395

Keywords:

Ilmu Komputer

Abstract

Bangun ruang merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Matematika yang memiliki jenis, ciri-ciri atau karakteristik masing-masing. Bangun ruang menggabungkan beberapa jenis bangun datar yang disusun menjadi sebuah objek yang memiliki ruang atau isi. Berbeda dengan bangun datar yang hanya memiliki 2 dimensi, bangun ruang memiliki 3 dimensi yang terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Proses pembelajaran yang masih hanya menggunakan media buku cetak pastinya sudah tidak efisien mengingat perkembangan teknologi saat ini yang sudah berkembang pesat dan dapat dimanfaatkan di berbagi bidang, salah satunya pendidikan. Pemanfaatan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran Matematika khususnya pengenalan bangun ruang akan sangat membantu memberikan pemahaman konsep bangun ruang 3 dimensi. Menggunakan metode marker based tracking, teknologi augmented reality bisa menampilkan objek 3 dimensi pada dunia maya kemudian memproyeksikannya sehingga terlihat nyata. Pengimplementasian teknologi augmented reality dengan pembuatan filter AR dan menggunakannya pada proses pembelajaran pengenalan bangun ruang dirasa akan lebih menarik. Tahapan pengembangan filter dimulai dari perencanaan alur sampai pengujian filter dan marker. Marker dianggap berhasil apabila dapat menampilkan objek 3D dan ciri – ciri dari bangun ruang yang diinginkan. Dengan pemanfaatan augmented reality dalam filter AR untuk proses pembelajaran mengenal bangun ruang ini diharapkan dapat menjadi alternatif agar pembelajaran materi bangun ruang dan Matematika menjadi lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Kata Kunci : augmented reality; marker based tracking; bangun ruang; matematika, 

References

E. Aragón, M. C. Canto-López, M. Aguilar, I. Menacho, and J. I. Navarro, “Estudio longitudinal sobre procesamiento de magnitudes simbólicas y no-simbólicas y su relación con la competencia matemática,†Revista de Psicodidáctica, Nov. 2022, doi: 10.1016/J.PSICOD.2022.07.003.

S. Gargrish, A. Mantri, and D. P. Kaur, “Augmented Reality-Based Learning Environment to Enhance Teaching-Learning Experience in Geometry Education,†Procedia Comput Sci, vol. 172, pp. 1039–1046, Jan. 2020, doi: 10.1016/J.PROCS.2020.05.152.

M. R. A. Haryana, S. Warsono, D. Achjari, and E. Nahartyo, “Virtual reality learning media with innovative learning materials to enhance individual learning outcomes based on cognitive load theory,†The International Journal of Management Education, vol. 20, no. 3, p. 100657, Nov. 2022, doi: 10.1016/J.IJME.2022.100657.

S. N. Z, M. Ahmad, S. Syarif, Budu, I. Idris, and Stang, “Effectiveness of Augmented Reality (AR) based learning media on increasing the physical examination system of pregnant women urinary system,†Gac Sanit, vol. 35, pp. S221–S223, Jan. 2021, doi: 10.1016/J.GACETA.2021.10.025.

T. M. Ward, M. Skubic, M. Rantz, and A. Vorderstrasse, “Human-centered approaches that integrate sensor technology across the lifespan: Opportunities and challenges,†Nurs Outlook, vol. 68, no. 6, pp. 734–744, Nov. 2020, doi: 10.1016/J.OUTLOOK.2020.05.004.

W. Liang, “Towards a set of design principles for technology-assisted critical-thinking cultivation: A synthesis of research in English language education,†Think Skills Creat, vol. 47, p. 101203, Mar. 2023, doi: 10.1016/J.TSC.2022.101203.

H. Y. Chang et al., “Ten years of augmented reality in education: A meta-analysis of (quasi-) experimental studies to investigate the impact,†Comput Educ, vol. 191, p. 104641, Dec. 2022, doi: 10.1016/J.COMPEDU.2022.104641.

N. FijaÄko, R. Masterson Creber, T. P. Chang, K. Krsteski, and R. Greif, “Enhancing cardiopulmonary resuscitation education through game-based augmented reality face filters,†Resuscitation, vol. 180, pp. 108–110, Nov. 2022, doi: 10.1016/J.RESUSCITATION.2022.09.021.

A. Theodoropoulos and G. Lepouras, “Augmented Reality and programming education: A systematic review,†Int J Child Comput Interact, vol. 30, p. 100335, Dec. 2021, doi: 10.1016/J.IJCCI.2021.100335.

J. Garzón, Kinshuk, S. Baldiris, J. Gutiérrez, and J. Pavón, “How do pedagogical approaches affect the impact of augmented reality on education? A meta-analysis and research synthesis,†Educ Res Rev, vol. 31, p. 100334, Nov. 2020, doi: 10.1016/J.EDUREV.2020.100334.

Y. Liu, V. E. Sathishkumar, and A. Manickam, “Augmented reality technology based on school physical education training,†Computers and Electrical Engineering, vol. 99, p. 107807, Apr. 2022, doi: 10.1016/J.COMPELECENG.2022.107807.

A. Rohacz, S. Weißenfels, and S. Strassburger, “Concept for the comparison of intralogistics designs with real factory layout using augmented reality, SLAM and marker-based tracking,†Procedia CIRP, vol. 93, pp. 341–346, Jan. 2020, doi: 10.1016/J.PROCIR.2020.03.039.

S. Ubik, J. Kubišta, and T. Dvořák, “Interactive 3D models: Documenting and presenting restoration and use of heritage objects,†Digital Applications in Archaeology and Cultural Heritage, vol. 27, p. e00246, Dec. 2022, doi: 10.1016/J.DAACH.2022.E00246.

“Art Noveau: Pasting Vector Art from Illustrator,†Creative Photoshop, pp. 322–339, Jan. 2007, doi: 10.1016/B978-0-240-52046-9.50023-9.

M. Bakkiyaraj, G. Kavitha, G. Sai Krishnan, and S. Kumar, “Impact of Augmented Reality on learning Fused Deposition Modeling based 3D printing Augmented Reality for skill development,†Mater Today Proc, vol. 43, pp. 2464–2471, Jan. 2021, doi: 10.1016/J.MATPR.2021.02.664.

Y. Ye, Z. Song, and J. Zhao, “High-fidelity 3D real-time facial animation using infrared structured light sensing system,†Comput Graph, vol. 104, pp. 46–58, May 2022, doi: 10.1016/J.CAG.2022.03.007.

Downloads

Published

2023-01-11