Penerapan Metode WASPAS Dalam Menentukan Peminatan Jurusan Pada Penerimaan Mahasiswa Baru

  • Mhd Iqbal Alfarisi STIKOM Tunas Bangsa
  • M Safii STIKOM Tunas Bangsa
Keywords: Waspas

Abstract

Pemilihan peminatan pada suatu jurusan menjadi keharusan bagi calon mahasiswa yang mendaftar di STIKOM Tunas Bangsa. Peminatan jurusan ini bertujuan untuk memfokuskan kemampuan calon mahasiswa di satu bidang saja. Namun banyak calon mahasiswa yang salah dalam memilih peminatan jurusan yang tepat untuk mereka. Kebanyakan dari calon mahasiswa ini memilih peminatan jurusan berdasarkan ikut-ikutan saja tanpa memikirkan dampak yang diterima jika mereka tidak mampu mengikuti mata kuliah yang diberikan. Untuk itu diperlukan suatu teknik maupun perhitungan yang tepat sehingga mampu membantu calon mahasiswa tersebut dalam memilih peminatan jurusan yang tepat. Maka digunakanlah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu dalam menghasilkan keputusan dari data dan kriteria yang digunakan untuk menghasilkan suatu keputusan peminatan yang tepat untuk calon mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Weight Aggregated Sum Product Assesment atau disingkat dengan WASPAS. Dengan diterapkannya metode WASPAS ini pada pemilihan peminatan jurusan diharapkan mampu memberikan hasil yang optimal yaitu pemilihan peminatan jurusan yang sesuai dengan kamampuan yang dimiliki oleh masing- masing calon mahasiswa.Kata Kunci : Waspas, Peminatan, SPK, Calon Mahasiswa

References

Y. D. Lestari and A. Perdana, “Penerapan Metode Waspas Dalam Menentukan Pemilihan Peminatan Pada Program Studi Teknik Informatika Application of the Waspas Method in Determining the Selection of Specialty in Informatics Engineering Programs,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Komput. Terap., vol. 01, no. 02, pp. 1–8, 2020.

O. Alfina and M. Safii, “Halaman 72,” MethomikaJurnal Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 72–77, 2019.

Y. Sagala, S. Suhada, and M. Safii, “SPK dengan Metode Electre untuk Pemilihan Koordinator Laboratorium di SMK Swasta Trisakti Pematangsiantar,” Pros. Semin. Nas. Ris. Dan Inf. Sci., vol. 2, pp. 355–364, 2020.

R. Simanjuntak, M. Safii, and W. Saputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik Dengan Menggunakan Metode Topsis di SMA Sultan Agung Pematangsiantar,” Pros. Semin. Nas. Ris. Inf. Sci., vol. 2, pp. 331–341, 2020, [Online]. Available: http://tunasbangsa.ac.id/seminar/index.php/senaris/article/view/180%0Ahttp://tunasbangsa.ac.id/seminar/index.php/senaris/article/download/180/181.

T. Tundo and D. Kurniawan, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment dalam Menentukan Beras Terbaik untuk Pembuatan Kue Serabi,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 4, p. 773, 2020, doi: 10.25126/jtiik.2020742309.

A. Alinezhad and J. Khalili, “WASPAS Method,” 2019, pp. 93–98.

S. Chakraborty, E. Zavadskas, and J. Antucheviciene, “Applications of waspas method as a multi-criteria decision-making tool,” Econ. Comput. Econ. Cybern. Stud. Res., vol. 49, pp. 5–22, Jan. 2015.

J. Pradana, W. Ristamaya, U. Fatimah, and S. Sitorus, “Implementasi Of Weight Aggregated Sum Product Assesment Method Untuk Sales Quality Evaluation Dalam Area Developer Determination Process Pada CV . Lina Reload,” vol. 2, no. 1, pp. 20–30, 2019.

R. D. Sianturi, “Penerapan Metode Waspas untuk Pengambilan Keputusan Penerimaan Siswa/i Baru,” … Teknol. Inf. Komput. dan Sains 2019 …, pp. 66–71, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/sintaks/article/view/819%0Ahttps://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/sintaks/article/download/819/642.

A. P. Nanda, S. Sucipto, and S. Hartati, “Analisis Menentukan Jasa Pengirim Terbaik Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 10, no. 2, p. 42, 2020, doi: 10.36448/jmsit.v10i2.1594.

J. Hutagalung and M. T. I. R., “Pemilihan Dosen Penguji Skripsi Menggunakan Metode ARAS, COPRAS, dan WASPAS,” vol. 10, no. 3, pp. 354–367, 2021.

H. Murtina, “Weight Aggregated Sum Product Assesment dalam Penentuan Siswa Terbaik,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 4, no. 2, pp. 113

Published
2023-01-24