Kajian Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Membangun Kreativitas Dosen di Masa Pandemi Covid-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v5i1.5751

Keywords:

Dosen, Inovasi, Pandemi Covid-19, Pembelajaran, Teknologi Informasi

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat berdampak negatif khususnya dalam pendidikan dan proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka. Sehingga muncul adanya kompleksitas permasalahan dalam pendidikan di Indonesia. Keterbatasan biaya dan kemampuan sumber daya yang dimiliki mahasiswa sangat menjadi menjadi kendala besar. Oleh sebab itu upaya inovasi pembelajaran secara online sangta perlu diadakan sebagai bentuk pembaharuan. Disisi lain, tujuan inovasi adalah usaha untuk meningkatkan yang meliputi sumberdaya kemampuan dosen dalam berinovasi agar mahasiswa tidak bosan, biaya, termasuk sistem manajemen operasionalnya. Pemecahan masalah pembelajarang online sangat kompleksitas tidak efektif lagi dilakukan pendekatan yang konvensional. Dengan demikian inovasi atau pembaharuan dilakukan untuk menjawab permasalahan pendidikan perkembangan yang lebih cepat. Dengan inovasi, berbasis teknologi informasi seperti “Problem Solving†pembelajaran online lebih diminati dan berkembang. Dengan terwujudnya penyelenggaraan pembelajaran yang dapat mengimplementasikan teknologi informasi para mahasiswa seperti mahasiswa baik dalam kondisi sosial yang berkembang diharapkan mampu menghasilkan budaya pembelajaran yang baik. Selanjutnya dengan strategi pembelajaran berbasis teknologi informasi, mahasiswa dapat terhubung dengan baik dengan dosen dan materi yang diajarkan. Pemberian tugas atau latihan yang tepat, hakekatnya upaya seorang Dosen memberikan “peluang†bagi mahasiswa untuk terjadi proses belajar dengan maksimal ditengah pandemi Covid-19.

Author Biographies

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Juniar Hutagalung, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Al Hashimi, A. Al Muwali, Y. Zaki, and N. Mahdi, “The effectiveness of social media and multimedia-based pedagogy in enhancing creativity among art, design, and digital media students,†Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 14, no. 21, pp. 176–190, 2019, doi: 10.3991/ijet.v14i21.10596.

J. B. Sanjaya, “Implementasi Kurikulum Darurat di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan,†J. Indones. Law, vol. 1, no. 2, p. 14, 2020, doi: 10.18326/jil.v1i2.161-174.

A. Sadikin et al., “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ),†vol. 6, no. 1, pp. 214–224, 2020.

A. Hasanah, A. Sri Lestari, A. Y. Rahman, and Y. I. Danil, “Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19,†Karya Tulis Ilm. Masa Work From Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, pp. 4–8, 2020, [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565.

J. W. Creswell, “Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed, edisi ketiga. (Terjemahan Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.,†vol. 2, no. November 2012, pp. 1–11, 2011.

M. Vera and S. Astuti, “Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas Vsdn Sidorejo Lor V Salatiga,†Monika Vera Mawardi Suhandi Astuti, vol. 6, no. 1, pp. 11–21, 2019.

E. M. Made Ari Juniawan, Ni Putu Santi Suryantini, “PENGARUH PAD , DAU DAN DAK TERHADAP BELANJA MODAL Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Otonomi daerah atau Desentralisasi pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 yang menjelaskan kewajiban pemda untuk mengendalikan dae,†vol. 7, no. 3, pp. 1255–1281, 2018.

O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) … ..,†vol. 8, no. 1, pp. 496–503, 2020.

I. Perilaku et al., “Bisma : Jurnal Bisnis dan Manajemen Pendahuluan,†vol. 14, no. 3, pp. 216–228, 2020.

T. Grainger, J. Barnes, and S. Scoffham, “A creative cocktail: creative teaching in initial teacher education,†J. Educ. Teach., vol. 30, no. 3, pp. 243–253, 2004, doi: 10.1080/0260747042000309475.

R. J. Kauffman, J. Srivastava, and J. Vayghan, “Business and data analytics: New innovations for the management of e-commerce,†Electron. Commer. Res. Appl., vol. 11, no. 2, pp. 85–88, 2012, doi: 10.1016/j.elerap.2012.01.001.

Y. Wand and R. Weber, “Toward a theory of the deep structure of information systems,†Conf. Inf. Syst., vol. 5, pp. 61–71, 1990, [Online]. Available: http://purao.ist.psu.edu/532/Readings/WandWeber1990.pdf.

C. Wulandari, D. W. Setiyarini, K. Bariroh, L. Laraswati, M. F. Azhari, and R. A. Ibnu Aziz, “Upaya Peningkatan Status Kesehatan Kelompok Rentan dengan Pendekatan Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat,†J. Pengabdi. Kpd. Masy. (Indonesian J. Community Engag., vol. 5, no. 2, p. 167, 2019, doi: 10.22146/jpkm.29999.

Downloads

Published

2022-01-28