Penerapan Metode Fp-Growth Untuk Penjualan Produk Seni Ukir Pada Buulolo Galery

Noverman Ndruru, Yohanni Syahra, Elfitriani Elfitriani

Abstract


Buulolo Galery merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan dan penjualan produk seni ukir. Data penjualan mempunyai transaksi yang sangat besar jika penjualan dilakukan setiap harinya. Jika data tersebut hanya disimpan tanpa digunakan lagi maka akan menimbulkan masalah baru dimana data akan terus menumpuk           sehingga pihak perusahaan harus menyediakan biaya untuk pemeliharaan data. Untukmengatasipermasalahantersebutmakatransaksi penjualan  produk  seni  ukir  yang  ada  dapat  diolah kembali   menggunakan   sebuah   sistem DataMining dalam mengatur susunan produk dalam gudang, dapat juga digunakan sebagai bahan promosi dengan mengumpulkan produk yang sering terjual bersamaan. Aplikasi Data Mining yang dibangun dapat mengatur pola penjualan produk seni ukir yang diminati wisatawan asing pada Buulolo Galery dan dapat menghasilkan laporan yang berisi produk yang sering terjual

Buulolo Galery merupakan perusahaan yang bergerakdalam bidang pembuatan dan penjualan produk seni ukir. Data penjualan mempunyai transaksi yang sangatbesar jika penjualan dilakukan setiap harinya. Jika datatersebut hanya disimpan tanpa digunakan lagi makaakan menimbulkan masalah baru dimana data akan terusmenumpuk       sehingga pihak perusahaanharus menyediakan biaya untuk pemeliharaan data. Untukmengatasipermasalahantersebutmakatransaksi penjualan  produk  seni  ukir  yang  ada  dapat  diolahkembali   menggunakan   sebuah   sistemDataMiningdalam mengatur susunan produk dalam gudang, dapatjuga digunakan sebagai bahan promosi dengan mengumpulkan produk yang sering terjual bersamaan. Aplikasi Data Mining yang dibangun dapat mengaturpola penjualan produk seni ukir yang diminati wisatawanasing pada Buulolo Galery dan dapat menghasilkanlaporan yang berisi produk yang sering terjual.

 


Keywords


Data Mining, FP-Growth, Pola Penjualan, Produk Seni Ukir

Full Text:

PDF

References


D. A. Aisyah, "Sistem Informasi Penjualan Berbasis Kinerja pada Proyek Apartemen Mega City Bekasi," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. 3, pp. 344-352, 2017.

D. Nofriansyah, "Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL (Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi)," Saintikom, vol. 15, pp. 81-92, 2016.

Fitriyani, "Implementasi Algoritma Fpgrowth Menggunakan Association Rule Pada Market Basket Analysis," Informatika, vol. 2, pp. 296-305, 2015.

S. Kurniawan, "Analisis Algoritma FP-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus : MT Shop Kelapa Gading)," SENTIKA, vol. 2, pp. 61-69, 2018.

Retno, Data Mining & Teori dan Aplikasi Rapidminer, Gaya Media, 2017.

R. Gusrizaldi, "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan," Valuta, vol. 2, pp. 286-303, 2016.




DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v5i1.4770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]