IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT PENYAKIT GASTRITIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Muhammad Rizky Fadhillah, Ishak Ishak, Puji Sari Ramadhan

Abstract


Gastritis atau lebih dikenal sebagai magh berasal dari bahasa yunani yaitu gastro, yang berarti perut atau lambung dan itis yang berarti inflamasi atau peradangan. Gastritis adalah suatu keadaan peradangan atau peradangan mukosa lambung. Secara histopatologi dapat dibuktikan dengan adanya infiltrasi sel-sel radang pada daerah tersebut. Ada dua jenis gastritis yang terjadi yaitu gastritis akut dan kronik. Pada usia produktif masyarakat rentan terserang gejala gastritis karena dari tingkat kesibukan, gaya hidup yang kurang memperhatikan kesehatan serta stres yang mudah terjadi. Gastritis dapat mengalami kekambuhan dimana kekambuhan yang terjadi pada penderita gastritis tidak mudah untuk dikenali.

Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan diagnosa penyakit Gastritis, dengan sebuah sistem yaitu sistem pakar menggunakan metode teoerma bayes. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis dekstop dengan menerapkan metode teoerma bayes dimana nilai kesimpulan akhir dijadikan informasi untuk untuk jenis penyakit gastritis berdasarkan gejala – gejla yang telah dialami .

Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan mendiagnosa penyakit gastrtiis secara sistematis, sehingga dapat dilakukan penanganan ataupun pencegahan yang tepat sesuai dengan hasil dari diagnosanya..

Full Text:

PDF

References


A. Putiri and Suyanto, “HUBUNGAN FAKTOR STRES DENGAN KEJADIAN GASTRITIS PADA MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES TANJUNG KARANG,” Jurnal Keperawatan, Volume VIII, No. 1, April 2012.

N. Jarti and R. Trisno, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Alergi Pada Anak Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Di Kota Batam,” J. Edik Inform., vol. 2, pp. 197–205, 2017..

Fricles Ariwisanto Sianturi, “Analisa metode teorema bayes dalam mendiagnosa keguguran pada ibu hamil berdasarkan jenis makanan,” Tek. Inf. dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 87–92, 2019.




DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v4i1.2439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]