Analisis Data Mining Untuk Strategi Promosi Produk Kosmetik Di Wardah Kosmetik Menggunakan Metode Apriori

Authors

  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma
  • Syahfitriani Syahfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v3i1.207

Keywords:

Data Mining, Algoritma Apriori, Promosi Penjualan, Association Rule

Abstract

Salah satu cara yang dilakukan sebuah perusahaan atau pengusaha dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada konsumen sangat mempegaruhi minat pelanggan dalam membeli produk dapat meningkatkan penjualan. Penerapan produk terkait yang dipasangkan dengan produk yang akan dibeli konsumen, mungkin juga akan mempengaruhi konsumen membeli produk yang berkaitan dengan produk yang akan dibeli. Dalam ha ini analisis strategi promosi dengan menggunakan algoritma apriori sangat dibutuhkan.Data mining merupakan proses analisa data untuk menemukan susatu pola dari kumpulan data tersebut. Data mining mampu menganalisa data besar menjadi informasi berupa pola yang mempunyai arti bagi pendukungkeputusan. Salah satu teknik data mining yang dapatdigunakan adalah asociation data mining. Salah satu teknik data mining yang digunakan untuk merancang strategi promsi penjualan yang efektif dengan memanfaatkan data transaksi yang tersedia pada perusahaan atau yang kerap disebut analisa keranjang pasar. Teknik ini bertujuan untuk menemukan pola pembelian dalam satu transaksi dari data yang umumnya sangat besar. Konsep data mining akan memberikan penyelesaian terhadap masalah bisnis. PT Wardah Kosmetik dalam hal penentuan item paket yang lebih menarik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan algoritma apriori dengan teknik association rule dimana hasil implementasi itemset didapatkan dari nilai support dan nilai confidence.

References

â–ª Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.

â–ª Sani, S,. & Dedy, S. (2010). Pengantar Data Mining Menggali Pengetahuan Dari Bongkahan Data. Yogyakarta:Andi.

â–ª Rossa A.S,. & Shalahuddin, (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung:Informatika.

â–ª Purwadi., Puji, S.R., & Nurdiyanti, S. 2019. Penerapan Data Mining Untuk Menggali Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Redresi Liear Berganda. Sains dan Komputer, (18) 1, 55-61.

â–ª Alfin, K., Ivana., Eka, P., Calvin W., Vinrick, W., & Albert. 2019. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen. Aksara Public (3) 1, 102-113.

â–ª Alfiqra., & Faiza, Y.A. 2018. Penerapan Market Basket Analysis Menggunakan Proses KDD Sebagai Strategi Penjualan Produk Swalayan. Seminar Nasional, 509-516.

â–ª Kennedi T., Hoga, S., & Bobby, R. 2013.Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persedian Alat Kesehatan. Informasi dan Teknologi Ilmiah, (1) 1, 93-106.

â–ª Mateus, P.G., Fitri, M., & Indra, D.W. 2018. Penerapan Metode Data MiningBasket Analysis Terhaap Data Penjualan Produk Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, (3) 2, 17-22.

â–ª Puspa, S., Bosker, S. 2018. Aplikasi Data Mining Mengguakan Algoritma Apriori Untuk Penjualan Produk Terbesar. Mantik Panusa, (222) 1, 34-38.

â–ª Purwadi., Puji, S.R., & Nurdiyanti, S. 2019. Penerapan Data Mining Untuk Menggali Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Redresi Liear Berganda. Sains dan Komputer, (18) 1, 55-61.

â–ª Muhammad, I. 2019.Implementasi Data Mining Dengan Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Angka Kelahiran. Jurnal Pelita Informatika, (18) 1, 160-167.

â–ª Sriyuni, S., & Amir, M.H. 2019. Penerapan Algoritma Apriori Dalam Data Mining Untuk Memprediksi Pola Pengunjun. Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima, (2) 1, 49-54.

Downloads

Published

2020-01-22