SISTEM KENDALI KECEPATAN KIPAS MENGGUNAKAN MODUL WIRELESS NRF24L01 DENGAN METODE SIMPLEX BERBASIS ARDUINO

Abdul Rasyid, Ishak I, Mukhlis Ramadhan

Abstract


Pemanfaatan sistem kendali jarak jauh membantu dalam menyelesaikan hampir segala urusan di zaman sekarang ini, sistem yang digunakan untuk membuat suatu perangkat menjadi terkendali sesuai dengan keinginan manusia disebut sebagai sistem kendali, sistem kendali jarak jauh dapat dimanfaatkan untuk menjalankan alat-alat yang dapat meringankan pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari hari mulai dari menghidupkan televisi, kipas angin, dan alat elektronik lainnya. Telah banyak digunakan peralatan elektronik yang dapat dikendalikan dengan menggunakan remote control yang menggunakan infra merah (Infra red) sebagai media komunikasinya, namun penggunaan infra red memiliki beberapa kelemahan yaitu komunikasi harus secara segaris lurus dan dari jarak yang sangat dekat. Oleh karena itu hadirlah suatu terobosan baru sistem kendali jarak jauh yaitu sebuah modul wireless nrf24l01. Modul wirelles adalah cara yang berbeda untuk menghubungkan peralatan elektronik pada jarak relative dekat, yang dapat dianggap sebagai pengganti kabel. Efisiensi sebuah sistem kendali yang dapat membantu para pekerja gudang untuk mengendalikan kipas seperti, menghidupkan dan mengatur kecepatan kipas tanpa harus mendatangi lokasi gudang dengan memanfaatkan sistem kendali wireless. Dengan adanya sistem kendali kecepatan kipas jarak jauh menggunakan wireless dapat menghemat biaiya penggunaan kabel dan dapat membantu mempermudah mengontrol kecepatan kipas dari jarak jauh

Keywords


Sistem Kendali Nrf24l01 Kipas Jarak Jauh

Full Text:

PDF

References


I. Afriliana, E. Budihartono, and Y. Febrian, “Pengenalan Internet of Things (Iot) Untuk Peningkatan Softskill Pada Siswa Sma N 5 Tegal,” J. Abdimas PHB, vol. 1, no. 2, pp. 92–97, 2018.

D. Prihatmoko, “PENERAPAN INTERNET OF THINGS ( IoT ) DALAM PEMBELAJARAN DI UNISNU JEPARA,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, p. 567, 2016, doi: 10.24176/simet.v7i2.769.

M. F. Wicaksono, “Implementasi Modul Wifi Nodemcu Esp8266 Untuk Smart Home,” J. Tek. Komput. Unikom, vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2017.

B. Artono and R. G. Putra, “Penerapan Internet Of Things (IoT) Untuk Kontrol Lampu Menggunakan Arduino Berbasis Web,” J. Teknol. Inf. dan Terap., vol. 5, no. 1, pp. 9–16, 2019, doi: 10.25047/jtit.v5i1.73.

J. D. Ramadhan, F. Agus, and I. F. Astuti, “Simulasi Sistem Antrian dengan Metode Multiple Channel Single Phase,” Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 117–124, 2017.

A. Amri, M. Muhammad, and ..., “Analisis Sistem Antrian pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan menggunakan simulasi Arena,” Ind. Eng. …, vol. 2, no. 2, pp. 16–23, 2017, [Online]. Available: https://journal.unimal.ac.id/miej/article/view/74.




DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v3i2.2034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]