PENERAPAN DIGITAL SIGNATURE MENGGUNAKAN METODE RSA UNTUK MENVALIDASI KEASLIAN IJAZAH SMA SWASTA BINA ARTHA

Erwin Vasi Waruwu, Azanuddin A, Fifin Sonata, Iskandar Zulkarnain

Abstract


Dalam perkembangan teknologi yang begitu cepat, pemanfaatan jaringan internet meningkat pesat juga. Sehingga kejahatan dalam pemalsuan maupun penyadapan data tidak dapat dipungkiri. Salah satu dokumen penting yang sering dilakukan modifikasi atau pemalsuan adalah ijazah. Ditambah dengan permasalah yang dimana dalam setiap pengecekan ijazah membutuhkan waktu yang lama. Oleh sebab itu, SMA Swasta Bina Arha membutuhkan aplikasi yang dapat menjamin keamanan keaslian ijazah sehingga menghindari terjadinya duplikat maupun modifikasi ijazah. Dan supaya setiap instansi yang akan melakukan pengecekkan keaslian ijazah tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan infromasi yang di mau. Sistem pengamanan yang diterapkan ialah penerapan digital siganture menggunakan metode RSA. Sehingga dalam melakukan validasi ijazah waktu yang diperlukan akan lebih efektif dan efesien.

Hasil program yang dibuat menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dengan berbasis web dapat menimalisir modifikasi atau pemalsuan ijazah SMA Swasta Bina Artha. Selain itu juga memudahkan setiap instansi dalam menadapatkan infromasi ijazah dengan melakukan validasi ijazah SMA Swasta Bina Artha dalam penerapan digital signature menunggunakan metode RSA.


Keywords


Digital Signature Metode RSA Validasi Ijazah SMA Swasta Bina Artha

Full Text:

PDF

References


M. G. Yunas, “Diduga Palsukan Ijazah SMA, Anggota DPRD Probolinggo Ditahan,” 2019. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/news/read/4080115/diduga-palsukan-ijazah-sma-anggota-dprd-probolinggo-ditahan.

R. A. Azdy, “Tanda tangan Digital Menggunakan Algoritme Keccak dan RSA,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 3, pp. 184–191, 2016.

D. Pratama, “Implementasi Algoritma Rsa Untuk Pengamanan Data Berbentuk Teks,” J. Pseudocode, vol. 3, no. 1, pp. 44–49, 2016.

N. A. M. S. M. Mohamad Ali Murtadho, “Implementasi Quick Response (Qr) Code Pada Aplikasi Validasi Dokumen Menggunakan Perancangan Unified Modelling Language (Uml),” Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 42–50, 2016.

N. Wiyono and M. Hardjianto, “Pengamanan Email Menggunakan Algoritma RSA dan Digital Signature SHA-1 Berbasis Mobile,” vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2016.

R. Sadikin, Kriptografi untuk keamanan jaringan. 2012.

A. Pradipta, “Implementasi Metode Caesar Chiper Alphabet Majemuk Dalam Kriptografi Untuk Pengamanan Informasi,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 5, no. 3, pp. 3–6, 2016.

M. Nasrun et al., “ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA ALGORITMA KRIPTOGRAFI SERPENT DAN AES PADA IMPLEMENTASI ENKRIPSI SMS DI PERANGKAT ANDROID ANALISYS OF COMPARATION BETWEEN CRYPTOGRAPHIC ALGORITHM SERPENT AND AES IN SMS ENCRYPTION ON ANDROID DEVICE IMPLEMENTATION,” vol. 2, no. 2, pp. 3511–3517, 2015.

A. Ginting, R. R. Isnanto, and I. P. Windasari, “Implementasi Algoritma Kriptografi RSA untuk Enkripsi dan Dekripsi Email,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 2, p. 253, 2015.

A. H. Mansour, “Analysis of RSA Digital Signature Key Generation using Strong Prime,” Int. J. Comput., vol. 24, no. 1, pp. 28–36, 2017.

F. Wongso, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Java Studi Kasus Pada Toko Karya Gemilang Pekanbaru,” J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 12, no. 1, pp. 46–60, 2015.




DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v3i2.2033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]