SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PEMILIHAN SUPLIER PEMBELIAN OBAT-OBATAN TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO PADA APOTEK GLOBAL MARTUBUNG

Ahmad Fitri Boy, Nurcahyo Budi Nugroho, Purwadi P

Abstract


Pada apotek ini belum pernah melakukan pemilihan supplier terbaik menggunakan metode fuzzy tsukamoto ataupun metode lain, untuk itu penelitian ini dilakukan untuk membantu pihak apotek dalam memilih supplier terbaik. Supplier merupakan suatu perusahaan atau individu yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing yang bertujuan untuk memproduksi barang dan jasa tertentu. Dalam menilai Supplier ada beberapa hal diperlukan berbagai kriteria yang bisa menggambarkan  kinerja supplier secara keseluruhan yang menambah nilai saat ini (current value) maupun masa yang akan datang (future value). Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang dirancang yang digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi, intansi maupun perusahaan.  Fuzzy Tsukamoto merupakan metode pengambilan keputusan yang mempunyai tingkat akurasi penilaian yang baik sehingga cocok digunakan sebagai metode dalam pengambilan keputusan. Hasil yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu instansi maupun perusahaan dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang tepat. Sistem pendukung keputusan ini dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan pemilihan supplier terbaik dengan menggunakan metode fuzzy tsukamoto yang ada pada Apotek Global Martubung

Keywords


Pemilihan Supplier, Sistem Pendukung Keputusan, Metode Fuzzy Tsukamoto

Full Text:

PDF

References


S. Informasi, “PROSIDING seminar nasional sisfotek Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier pada Apotek dengan Metode AHP dan SAW ( Studi Kasus Apotek XYZ ),” vol. 3584, pp. 107–114.

T. Murti, L. A. Abdillah, and M. Sobri, “PINJAMAN DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO,” pp. 252–256, 2015.

A. Mulyanto and A. Haris, “Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Jumlah Jam Overtime Pada Produksi Barang di PT Asahi Best Base Indonesia ( ABBI ) Bekasi Abstrak,” vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2016.

M. Sholihin, N. Fuad, and N. Khamiliyah, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Warga Penerima Jamkesmas Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto,” vol. 5, no. 2, pp. 501–506, 2013.




DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v3i2.2031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]