Aplikasi Mobile Programming Forum Kesehatan Mental dengan Framework Flutter Metode Prototyping
DOI:
https://doi.org/10.53513/jsk.v8i2.11650Keywords:
Flutter, Forum, Kesehatan Mental, Mahasiswa, MobileAbstract
Kesehatan mental merupakan isu yang penting, terutama bagi mahasiswa yang menghadapi tekanan akademik dan sosial. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi mobile berbasis Flutter yang dirancang untuk memfasilitasi konsultasi mental bagi mahasiswa. Aplikasi ini menyediakan fitur utama berupa forum diskusi komunitas, jadwal sesi konsultasi, dan pelacakan perkembangan pengguna. Framework Flutter dipilih karena kemampuannya mendukung pengembangan aplikasi lintas platform dengan efisiensi tinggi dan antarmuka yang interaktif. Studi kasus dilakukan pada mahasiswa untuk memahami kebutuhan spesifik, seperti kemudahan penggunaan, privasi data, dan aksesibilitas layanan. Metode pengembangan menggunakan prototype, memungkinkan iterasi desain yang berkelanjutan berdasarkan masukan dari pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil memenuhi kebutuhan utama pengguna, meningkatkan aksesibilitas terhadap layanan kesehatan mental, dan mendapatkan respons positif dalam pengujian awal. Forum diskusi memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berbagi pengalaman, sementara fitur jadwal dan pelacakan membantu pengguna mengelola sesi konsultasi serta memonitor perkembangan kondisi mental secara mandiri. Dengan implementasi ini, aplikasi diharapkan dapat mendukung mahasiswa dalam menjaga kesehatan mentalnya. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang aplikasi ini dalam meningkatkan kesejahteraan mental mahasiswa.References
A. T. Setyanto, ‘Deteksi Dini Prevalensi Gangguan Kesehatan Mental Mahasiswa di Perguruan Tinggi’, wacana, vol. 15, no. 1, p. 66, Feb. 2023, doi: 10.20961/wacana.v15i1.69548.
F. A. Muhammad, A. P. Kharisma, and R. S. Sianturi, ‘Perancangan User Experience Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Online di Masa Pandemi berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking’.
R. R. Kamilah and F. A. Saputri, ‘REVIEW ARTIKEL: EFEKTIVITAS APLIKASI UNTUK GANGGUAN KESEHATAN MENTAL’, vol. 19.
A. S. Priharsanto and A. A. Ajhari, ‘PENGEMBANGAN APLIKASI KESEHATAN MENTAL BERBASIS KOTLIN: STUDI KASUS APLIKASI HUGME’, vol. 9, no. 2, 2024.
A. Gustiadi, Development Of A Mental Health Screening App, Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), vol. 10, no. 2, 2024
A. R. Hernafahreza, L. Fanani, dan F. Al Huda, Pengembangan Aplikasi Mobile Self-care untuk Mahasiswa Berbasis Android dengan Pendekatan Gamifikasi, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 6, 2024.
A. Sigid Priharsanto, Pengembangan Aplikasi Kesehatan Mental Berbasis Kotlin: Studi Kasus Aplikasi HugMe, Jurnal Kajian Teknik Elektro, 2024.
[8] F. M. Hakim, W. Nugroho, dan A. Marissa, Aplikasi Diagnosa Tingkat Depresi Mahasiswa Tingkat Akhir Berbasis Website Menggunakan Scoring BDI, Prosiding SeNTIK, 2024.
GUSTIADI, Andri. Development Of A Mental Health Screening App. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 10, n. 2, p. 67-77, dec. 2024. ISSN 2615-5516
M. Nur Fitriyadi and M. Andri Senubekti, ‘IMPLEMENTASI PROTOTYPING DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI KEUANGAN YAYASAN ASSALAAM AL MADANI SUMEDANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKUNTABILITAS KINERJA’, jati, vol. 8, no. 6, pp. 12844–12851, Nov. 2024, doi: 10.36040/jati.v8i6.12148.
R. Widjaya, H. Pribadi Fitrian, and N. Anggraini, ‘PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA (UI/UX) UNTUK APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL SMK PASUNDAN RANCAEKEK’, jati, vol. 8, no. 6, pp. 11701–11707, Nov. 2024, doi: 10.36040/jati.v8i6.11605.
‘2206.02960v1’.
‘4670-13988-1-PB’.
S. M. Pulungan, R. Febrianti, T. Lestari, N. Gurning, and N. Fitriana, ‘Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database’, JEMB, vol. 1, no. 2, pp. 98–102, Feb. 2023, doi: 10.47233/jemb.v1i2.533.
Raditya K. Djoar and A. P. M. Anggarani, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stress Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir,” Jambura Health and Sport Journal, vol. 6, no. 1, pp. 52–59, Feb. 2024.
P. A. Wulandari and M. Mardiani, “Literasi Digital dan Kesehatan Mental Mahasiswa dalam Menghadapi Tuntutan Akademik,” J. Ilmiah Psikol. Terapan, vol. 12, no. 1, pp. 45–54, 2023.
A. R. Hernafahreza, L. Fanani, and F. Al Huda, “Pengembangan Aplikasi Mobile Self-care untuk Mahasiswa Berbasis Android dengan Pendekatan Gamifikasi,” JPTIIK, vol. 8, no. 6, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang masuk ke situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan dan pihak lain.