A Analisis Penerimaan Aplikasi “Bale by BTN” di Kalangan Generasi Z di Indonesia Menggunakan Model TAM

Authors

  • Nalendra Fadila Saskara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Aditya Herumurti Wijaksono Universitas Pembagunan Nasional “Veteran”Jawa Timur
  • Riki Audy Bin Ghozali Universitas Pembagunan Nasional “Veteran”Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v8i2.11460

Keywords:

Technology Acceptance Model (TAM), Generasi Z, Mobile Banking, SEMP-PLS, Bale by BTN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan aplikasi Bale by BTN di kalangan Generasi Z di Indonesia dengan menggunakan kerangka Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas. Permasalahan utama adalah belum optimalnya adopsi aplikasi oleh pengguna muda. Penelitian ini melibatkan 400 responden dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi, kepercayaan, kemampuan operasional, sikap pengguna, dan niat menggunakan aplikasi berpengaruh signifikan terhadap penggunaan, dengan nilai R² sebesar 0,790. Temuan ini menunjukkan bahwa sikap pengguna merupakan faktor paling dominan. Penelitian ini memberikan solusi strategis bagi BTN dalam meningkatkan adopsi melalui desain antarmuka yang lebih baik, keamanan yang ditingkatkan, serta edukasi digital yang disesuaikan dengan karakteristik Generasi Z.

References

A. Januar Malik and R. Syarif, “Economics and Digital Business Review Intensi Penggunaan Bank Digital Pada Generasi Z dan Milenial: Pendekatan Technology Acceptance Model,” Economics and Digital Business Review, vol. 5, no. 1, pp. 280–294, 2024.

L. Nurcholidah and M. Harsono, “Kajian Fintech dalam Konsep Behaviouristik.”

I. Gede, W. Satria, C. Putra, and J. A. Ginting, “Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi-NC 4.0 license-http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0,” vol. 10, no. 2, pp. 306–318, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU

E. Susilowati and A. N. Auliah, “Factors affecting students’ use of mobile banking: An extension of technology acceptance model,” JASF: Journal of Accounting and Strategic Finance, vol. 6, no. 1, pp. 16–34.

A. Putri and A. D. Indriyanti, “Evaluasi Usability Aplikasi BTN Mobile dengan Metode User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation,” Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI, vol. 3, no. 2, pp. 49–59.

Priyani, Siti, and Burhanudin, “STUDI KOMPARASI PERSEPSI KEMANFAATAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE BANKING ANTARA GENERASI X, GENERASI Y, DAN GENERASI Z (Studi Pada Pengguna Layanan Mobile Banking BCA di Kota Surakarta)”.

F. D. Davis, R. P. Bagozzi, and P. R. Warshaw, “User acceptance of computer technology: A comparison of two theoretical models,” Manage Sci, vol. 35, no. 8, pp. 982–1003, doi: 10.1287/mnsc.35.8.982.

A. Amelia, K. Ardani Manurung, and M. Daffa Baihaqi Purnomo, “Mimbar Kampius: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam Peranan Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi”, doi: 10.17467/mk.v21i2.935.

Suliah and A. Mutiara Ahmad Pabulo, “Pengaruh Media Sosial, Pengetahuan, dan Kemudahan Penggunaan QRIS terhadap Minat Generasi Z dalam Mengadopsi Teknologi Pembayaran Digital,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 2, pp. 619–625, doi: 10.55338/saintek.v5i2.2280.

M. Musdalifah and E. L. Hadisaputro, “Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Dana,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 4, no. 1, pp. 72–78, Dec. 2022, doi: 10.47065/josyc.v4i1.2493.

N. Aprillia and M. R. Sanjaya, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Gofood Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 511–520, Oct. 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i4.1053.

I. N. Azizah, P. R. Arum, and R. Wasono, “Model Terbaik Uji Multikolinearitas untuk Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi di Kabupaten Blora Tahun 2020 The Best Model for Multicollinearity Test to Analyze Rice Production’s Factors in Blora Regency on 2020.”

Downloads

Published

2025-07-23