Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan Antarmuka Pengguna (UI/UX) Aplikasi DRW Skincare Karawang

Authors

  • Apit Priatna STMIK Rosma
  • Arif Maulana Yusuf Politeknik Negeri Indramayu
  • Risnawati STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v8i2.10917

Keywords:

Design Thinking, UI/UX, Aplikasi Skincare, Usability Testing, UMKM Digital

Abstract

Perkembangan industri skincare di Indonesia yang meningkat signifikan, dengan pertumbuhan pasar mencapai 12,3% per tahun, mendorong kebutuhan akan aplikasi perawatan kulit yang user-friendly. Namun, banyak UMKM skincare seperti DRW Skincare di Karawang masih menghadapi kendala dalam hal pengalaman pengguna (UX), seperti navigasi yang membingungkan dan kurangnya fitur personalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang antarmuka pengguna (UI/UX) aplikasi DRW Skincare dengan menerapkan metode Design Thinking guna meningkatkan kepuasan pengguna dan engagement.Metode penelitian terdiri dari lima tahapan Design Thinking: (1) Empathize, melalui wawancara mendalam dan survei terhadap pengguna untuk mengidentifikasi pain points; (2) Define, dengan membuat persona pengguna (contoh: wanita usia 18–35 tahun) dan user journey map; (3) Ideate, menghasilkan solusi seperti fitur rekomendasi berbasis jenis kulit dan simplifikasi checkout; (4) Prototype, mengembangkan wireframe dan high-fidelity design menggunakan Figma; serta (5) Test, melakukan usability testing terhadap 20 pengguna. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam usability aplikasi: success rate tugas pengguna naik menjadi 85%, waktu checkout berkurang dari 120 detik menjadi 45 detik, dan skor kepuasan pengguna (SUS) mencapai 4,3/5. Fitur seperti skin assessment dan navigasi berbasis skin concern berhasil meningkatkan engagement sebesar 40%. Temuan ini membuktikan efektivitas Design Thinking dalam menyelesaikan masalah UI/UX, sekaligus mendukung digitalisasi UMKM skincare. Rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya meliputi integrasi teknologi augmented reality dan kolaborasi dengan dermatologis.

References

A. Oktavia, I. Kusdyah, and A. Rahman, “PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE PADA RESELLER MS GLOW MALANG,” J. Ilm. Ris. Apl. Manaj., vol. 1, no. 2, 2023, doi: 10.32815/jiram.v1i2.36.

Fitria Sheva Yulianti and Tirton Nefianto, “Pengaruh Lifestyle Brand Ambassador Product Quality terhadap Purchase Decision Pada Produk Skincare Whitelab,” J. Ris. Manaj. DAN Ekon., vol. 1, no. 4, 2023, doi: 10.54066/jrime-itb.v1i4.788.

kementrian perindudtrian republik Indonesia, “Perkembangan Industri Kosmetik Nasional,” ikft.kemenperin.go.id.

N. Fadhilah, A. A. Riadi, and A. Susanto, “Aplikasi Konsultasi Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Wajah (Studi Kasus : Mariane Aesthetic Clinic),” J. Dialekt. Inform., vol. 3, no. 2, 2023, doi: 10.24176/detika.v3i2.10350.

N. Imania, J. Salat, R. Rizki, and Z. Razi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SKINCARE UNTUK WAJAH SENSITIF DI KLINIK KECANTIKAN LA BEAUTEE CARE BLOK SAWAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS DAN METODE SAW BERBASIS WEB,” J. Real Ris., vol. 5, no. 1, 2023, doi: 10.47647/jrr.v5i1.1149.

D. Amaliah, M. Yusuf, and Z. Zulpawati, “Pengaruh Label Halal, Harga Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Skincare Melalui Aplikasi Tiktok Pada Masyarakat Di Kota Mataram,” Jesya, vol. 7, no. 1, 2024, doi: 10.36778/jesya.v7i1.1430.

N. Miranda, R. Adhitya N, M. A. Djalil, M. K. Adi Saputra, and S. Reuben Januardi, “Perancangan Aplikasi Cukur Rambut Berbasis Mobile demi Menunjang Kebutuhan Konsumen,” Arjuna PKM J. Penelit. dan Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 01, 2024, doi: 10.61973/arjunapkm.v101.5.

Rian Romadhon, “Mengulas Pentingnya Peran UI/UX Designer Dalam Pengembangan Aplikasi,” softwareseni.

A. Candra, P. Sukmasetya, and P. Hendradi, “Perancangan UI/UX aplikasi berbasis mobile Menggunakan Metode Design Thinking study khasus SISFO SKPI UNIMMA,” TeIKa, vol. 13, no. 01, 2023, doi: 10.36342/teika.v13i01.3069.

D. B. A. Poespito and G. A. Handiwibowo, “Perancangan dan Evaluasi Konten Media Sosial bagi UMKM Sambal Ning Niniek dengan Pendekatan Design Thinking,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 11, no. 5, 2023, doi: 10.12962/j23373520.v11i5.88728.

R. A. Hendrawan et al., “Website Urun Daya untuk Meningkatkan Product Knowledge pada Konsumen UMKM Sentra Oleh – Oleh Khas Daerah,” Sewagati, vol. 7, no. 3, 2023, doi: 10.12962/j26139960.v7i3.491.

S. Tazkiyah and A. Arifin, “Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma,” J. Teknol. Terpadu, vol. 8, no. 2, 2022, doi: 10.54914/jtt.v8i2.513.

P. R. Maulidina, H. Muslimah Az-Zahra, and R. I. Rokhmawati, “Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Perangkat Bergerak Qlue dengan Pemetaan User Journey,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, 2019.

Downloads

Published

2025-07-23