Konsep Kepemimpinan Pada Sosial Media Guna Menghasilkan Kategori

Authors

  • Setyo Budi Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v20i2.4748

Keywords:

Sistem kepemimpinan Ketergantungan Pasif-agresif Komunikasi

Abstract

Kekuatan terbesar dalam perubahan kehidupan adalah teknologi informasi, dan perubahan besar ini selalu disertai dengan kekuatan manusia dalam menciptakan sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan, sehingga fungsi teknologi tersebut dapat mengubah seluruh pola pikir, sikap dan karakter. Telah dikemukakan sebelumnya bahwa ada 3 tipe kepemimpinan, dan di jurnal ini terdapat 2 tipe kepemimpinan di sosial media yang merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya, sehingga total ada 5 tipe kepemimpinan yang menjadi pedoman dasar dalam mengembangkan kepemimpinan di social media. Permasalahan yang dibahas disini adalah terjadinya kesenjangan komunikasi antara tokoh dengan masyarakat, dan yang paling parah adalah adanya hoaks dan kalimat yang dapat menimbulkan kontroversi. Seorang pemimpin harus mampu mengubah cara berkomunikasi dan dapat mengubah sikap-pola pikir serta karakter masyarakat sehingga dapat memberikan dampak positif bagi keseluruhan kehidupan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan disini adalah analisis; mengamati dan mempelajari beberapa literatur sebagai panduan. Hasil akhir yang diperoleh adalah bagaimana komunikasi di social media dapat berubah menjadi lebih positif dan dapat memberikan contoh dalam penerapannya, solusi dan kontribusi perubahan yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dari sikap, pola pikir dan budaya, dan ini tentunya diharapkan oleh semua pihak, berubah secara positif. 

References

I. Gamayanto, “Pengembangan dan Implementasi dari Wise Netizen ( E- Comment ) di Indonesia,†techno.com, vol. 16, no. 1, pp. 80–95, 2017.

R. N. indra gamayanto Pratikna and I. Gamayanto, “Developing Leadership Systems Inside University Using Jim Collins Method [ Good to Great ]: People Management Development to Face ASEAN Economic Community in Indonesia,†in Review of Integrative Business and Economics Research, 2017, vol. 6, no. 3, pp. 45–55, [Online]. Available: http://buscompress.com/journal-home.html.

C. Voegtlin, M. Patzer, and A. G. Scherer, “Responsible Leadership in Global Business: A New Approach to Leadership and Its Multi-Level Outcomes,†J. Bus. Ethics, vol. 105, no. 1, pp. 1–16, 2012, doi: 10.1007/s10551-011-0952-4.

S. A. Eisenbeiß and F. Brodbeck, “Ethical and Unethical Leadership: A Cross-Cultural and Cross-Sectoral Analysis,†J. Bus. Ethics, vol. 122, no. 2, pp. 343–359, 2014, doi: 10.1007/s10551-013-1740-0.

D. Wang, T. Feng, and A. Lawton, “Linking Ethical Leadership with Firm Performance: A Multi-dimensional Perspective,†J. Bus. Ethics, vol. 145, no. 1, pp. 95–109, 2017, doi: 10.1007/s10551-015-2905-9.

E. J. Garcia, “Raising leadership criticality in MBAs,†High. Educ., vol. 58, no. 1, pp. 113–130, 2009, doi: 10.1007/s10734-008-9185-6.

D. T. Kong and R. Volkema, “Cultural Endorsement of Broad Leadership Prototypes and Wealth as Predictors of Corruption,†Soc. Indic. Res., vol. 127, no. 1, pp. 139–152, 2016, doi: 10.1007/s11205-015-0959-9.

J. E. Wells and T. J. Aicher, “Follow the Leader: A Relational Demography, Similarity Attraction, and Social Identity Theory of Leadership Approach of a Team’s Performance,†Gender Issues, vol. 30, no. 1–4, pp. 1–14, 2013, doi: 10.1007/s12147-013-9112-8.

B. Nooteboom, “Discussion of leadership and cultural change: an economic analysis,†no. 4, pp. 439–452, 2002.

L. R. Men, “Internal reputation management: The impact of authentic leadership and transparent communication,†Corp. Reput. Rev., vol. 17, no. 4, pp. 254–272, 2014, doi: 10.1057/crr.2014.14.

F. Alzami, S. Novianto, and I. Gamayanto, “Designing the Concept of Leaderships Intelligence (CI2.1) Version 2.0 inside Social Media Using Ken Watanabe Problem Solving 101 Methods,†in 2020 International Conference on Decision Aid Sciences and Application, DASA 2020, 2020, doi: 10.1109/DASA51403.2020.9317113.

L. M. Miller, “A Positive Psychology Theoretical Model to Coach Veterans Through Successful Transitions,†Adv. Dev. Hum. Resour., vol. 19, no. 1, pp. 25–35, 2017, doi: 10.1177/1523422316682735.

Downloads

Published

2021-10-15